Terbit: 8 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pertumbuhan gigi pertama anak dapat terjadi pada usia yang berbeda. Umumnya gigi anak tumbuh mulai usia 4 bulan, namun banyak juga yang tumbuh gigi di usia setelah 7 bulan. Banyak orang tua yang khawatir pertumbuhan giginya terlambat karena sering memberi MPASI bertekstur lembut. Benarkah demikian?

Benarkah Makanan Tekstur Lembut Menghambat Pertumbuhan Gigi Anak?

Hubungan antara MPASI dan tumbuh gigi pada anak

Saat pertama kali memberikan MPASI pada usia 6 bulan, tidak semua bayi sudah mengalami tumbuh gigi pertama. Meskipun belum tumbuh gigi, namun kondisi ini bukan menjadi patokan untuk pemberian MPASI. Tetap berikan MPASI dengan tekstur cair atau lembut pada usia 6 bulan sesuai rekomendasi WHO dan Kementerian Kesehatan.

Usia 6 bulan merupakan usia peralihan dari ASI ke makanan bertekstur lembut. Saat ini umumnya gigi anak mulai tumbuh perlahan dari gigi seri, gigi taring hingga gigi geraham.

Makan dan mengunyah merupakan kegiatan yang melibatkan berbagai organ mulut seperti gigi geligi, lidah, otot rongga mulut, tulang dan sendi rahang. Pada usia 9 bulan umumnya koordinasi ini harus sudah terbentuk dengan baik sebagai persiapan untuk makan makanan dengan tekstur padat.

Lalu, benarkah kebiasaan makan makanan bertesktur lembut dapat memengaruhi pertumbuhan gigi pada bayi? Banyak orang tua terburu-buru meningkatkan tekstur makanan anak dengan harapan gigi anak dapat segera tumbuh. Namun sebenarnya hal ini tidak perlu dilakukan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Meskipun gigi anak belum tumbuh lengkap, anak tetap dapat mengolah makanan tersebut dengan baik. Tekstur makanan memang dapat membantu merangsang pertumbuhan gigi anak, namun rangsangan utama agar anak cepat tumbuh gigi adalah gerakan mengunyah, terlepas dari apa pun tekstur makanan yang dimakan anak.

Untuk membantu gigi anak cepat tumbuh, Anda dapat merangsangnya dengan memberi teether, atau buah-buahan dalam tekstur yang lebih besar dan padat. Umumnya gigi anak sudah mulai lengkap pada usia 24 bulan. Jika gigi anak masih belum lengkap pada usia tersebut, maka konsultasikanlah ke dokter.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi