Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kita tentu ingin memberikan makanan yang terbaik untuk anak ya. Salah satu bahan makanan zaman now yang kerap dianggap sebagai bahan makanan sehat adalah makanan organik. Kira-kira perlukah anak diberikan makanan organik?

Benarkah Makanan Organik Lebih Baik Untuk Anak?

Seperti yang kita ketahui makanan organik merupakan makanan yang bebas dari penggunaan bahan kimia sehingga sangat baik untuk tubuh. Hal inilah yang membuat makanan organik dianggap sebagai makanan yang baik untuk anak.

Pakar kesehatan dari Mayo Clinic, Jay Hoecker, menyebutkan bahwa makanan organik memang memiliki jaminan bebas dari penggunaan bahan kimia. Beberapa poin penting makanan organik untuk anak-anak adalah:

Mengurangi risiko kontaminasi bahan kimia

Konsumsi makanan organik pada anak-anak tentu akan menurunkan risiko paparan pestisida dan kimia lainnya pada anak-anak. Kondisi ini tentu akan sangat mendukung kesehatan anak sehingga anak tidak mudah sakit.

Tubuh anak yang masih rentan memerlukan asupan makanan yang aman

Anak-anak rentan mengalami penyakit, untuk itu asupan makanan organik yang terjamin keamanannya tentu akan membuat asupan makanan anak lebih terkontrol sehingga risiko anak mengalami sakit dapat ditekan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

Memiliki keunggulan gizi

Bahan makanan organik disebut memiliki beberapa kandungan gizi yang unggul. Kondisi ini tentu sangat baik untuk memenuhi kebutuhan gizi harian anak yang tinggi sehingga akan mendukung tumbuh kembangnya.

Namun, bukan berarti makanan non-organik menjadi tidak baik untuk anak ya. Meskipun makanan organik memiliki keunggulan, namun jumlah jenis kandungan gizi yang ada pada bahan organik maupun non organik tetaplah sama. Makanan non organik juga baik untuk anak selama kita sudah membersihkannya dengan tepat.

Hoecker menambahkan, yang penting mendapatkan perhatian untuk makanan anak-anak adalah pemilihan gizi yang tepat, makanan yang bervariasi serta pemberian porsi yang seimbang dengan kebutuhan anak.

Ketiga hal inilah yang menjadi kunci penting untuk tumbuh kembang anak yang optimal.
Jadi, makanan organik maupun non-organik sama baiknya untuk diberikan pada anak, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi