Benarkah Makan Malam Memang Bisa Bikin Gendut?

Sudah Makan Tapi Masih Lapar Terus

DokterSehat.Com– Ada sebuah hal yang dipercaya oleh sebagian masyarakat, khususnya kaum hawa yakni makan malam bisa membuat gendut sehingga sebaiknya dihindari. Bahkan, mereka yang sedang menjalani program diet cenderung memilih untuk melewatkan waktu makan ini. Sebenarnya, apakah memang benar jika makan malam bisa membuat gendut?

Pakar kesehatan dr. Indah Julisa yang berasal dari The Clinic Beautylosophy menyebutkan bahwa anggapan ini ternyata tidak tepat adanya. Menurut dr. Indah, siapa saja, termasuk yang sedang menjalani program penurunan berat badan masih diperbolehkan untuk makan di malam hari. Hanya saja, kita memang harus pandai-pandai dalam memilih makanan yang dikonsumsi agar tidak sampai memicu masalah kenaikan berat badan.

Lantas, mengapa makan malam bisa menyebabkan kenaikan berat badan? Dr. Indah berkata bahwa saat malam hari, kita cenderung tidak beraktifitas sebanyak saat siang hari sehingga andai kita mengkonsumsi kalori terlalu banyak, maka kalori ini tidak digunakan dengan efektif dan akhirnya diubah oleh tubuh menjadi cadangan lemak pada badan. Yang menjadi masalah adalah, seringkali kita mengkonsumsi makanan yang kaya akan kalori di malam hari atau mengkonsumsinya dekat dengan waktu tidur sehingga penumpukan lemak pada tubuh bisa terjadi.

Karena alasan inilah ada baiknya kita makan dengan kadar gizi yang seimbang di malam hari. Selain itu, pastikan untuk tidak mengkonsumsi makan malam terlalu dekat dengan waktu tidur atau langsung tidur setelah selesai makan malam. Dr. Indah sendiri menyarankan kita untuk mengkonsumsi makan malam sebelum jam 19:00 karena setelahnya kita memiliki waktu beberapa jam untuk melakukan berbagai hal lainnya sebelum tidur. Dengan melakukannya di waktu tersebut, maka kita pun akan tidak mudah mengalami kenaikan berat badan.