Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tak sedikit yang menolak makan malam karena khawatir bikin gemuk. Ya, makan malam kerap dianggap sebagai penyebab kenaikan berat badan. Padahal, tak semua menu yang dihidangkan saat makan malam bisa menyebabkan berat badan naik lo!

Benarkah Makan Malam Bikin Gemuk?

Makan malam atau dinner merupakan salah satu bagian dari makan utama/makan besar yang dilakukan umumnya di atas jam 5 sore.

Meskipun kebiasaan makan masing-masing orang tidak sama, namun pembagian 3 kali utama ditambah dengan 2/3 kali camilan dalam sehari merupakan pembagian asupan makan yang teratur karena kebutuhan tubuh kita bisa terpenuhi dengan seimbang dan dalam rentang waktu yang tepat.

Jika kita menerapkan makan teratur seperti yang dianjurkan, tubuh kita akan mampu menyerap dan mengolah energi dari makanan dengan lebih baik. Hal ini akan mendukung beberapa hal seperti tubuh mampu mengatur metabolisme energi dengan lebih baik dan beberapa kadar darah lebih terkontrol.

Dengan melewatkan satu kali makan, misalnya makan malam, dengan tujuan mengurangi berat badan, beberapa hal yang menganggu kesehatan justru dapat terjadi, misalnya:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

1. Tubuh menjadi memecah energi berlebih karena asupan energi tidak tercukupi

 

2. Kekurangan asupan vitamin dan mineral

3. Perut kita akan kosong lebih lama

Mulai malam hari hingga pagi, hal ini justru akan membuat kita menjadi lebih lapar saat pagi hari.

Jika kita makan, apapun waktu makannya, baik makan malam, siang, malam atau camilan, selama dilakukan dengan teratur dan jeda/rentang waktu yang tepat, jenis bahan makanannya bervariasi dan seimbang, serta porsi yang cukup maka tubuh tidak akan mengalami kenaikan berat badan.

Namun jika kita melewatkan makan malam, namun tetap mengonsumsi camilan sebelum tidur, makan tidak teratur dengan porsi berlebihan dan jenis bahan makanan yang tinggi kalori, maka tentu saja kondisi tubuh akan terganggu.

Hal ini didukung dengan penelitian dari Florida State University, yang menunjukkan bahwa makan pada malam hari tidak memengaruhi kesehatan selama dilakukan dengan porsi dan jeda waktu yang tepat. Porsi yang tepat tentu kurang lebih 20-25% kebutuhan harian tubuh dan jeda yang tepat adalah tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

Jadi, makan malam dengan pola yang tepat tidak akan menaikkan berat badan ya!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi