Benarkah Makan Durian Ditemani Bir Bisa Mematikan?

Cara-sehat-makan-durian-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Travis

DokterSehat.Com– Durian adalah salah satu buah yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hanya saja, ada orang yang menganggap durian sebagai buah yang kaya akan kolesterol sehingga sebaiknya tidak sering-sering dikonsumsi. Bahkan, ada yang menyebut konsumsi durian dan ditemani dengan minum bir bisa memicu kematian. Apakah hal ini benar adanya?

Teresa Cheong dari Changi General Hospital Dietetics and Food Service Department menyebutkan bahwa hingga saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kombinasi dari durian dan bir bisa memicu kematian atau menyebabkan dampak kesehatan berbahaya bagi tubuh. Hanya saja, minum bir bersama dengan makan durian memang bisa memicu gangguan pencernaan dan perut kembung. Selain itu, hati juga akan bekerja dengan sangat keras demi memetabolisme lemak dan gula yang sangat banyak dari durian dan bir, apalagi jika kita mengonsumsi keduanya dengan berlebihan.

Meskipun kerap dianggap sebagai buah yang kaya kolesterol atau lemak, durian masih aman untuk dikonsumsi asalkan dalam jumlah yang wajar. Dengan melakukannya, kita justru akan mendapatkan manfaat dari nutrisi di dalamnya seperti vitamin, mineral, dan lemaknya.

Lantas, seberapa banyak jumlah durian yang dianggap normal bagi kesehatan? Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dua atau tiga biji sudah cukup untuk dikonsumsi dalam sehari. Sayangnya, rasanya yang enak membuat kita cenderung mengonsumsinya dalam jumlah yang lebih banyak.