Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Anda tentu sering mendengar bahwa buah-buahan memiliki kandungan cairan yang tinggi. Ya, buah-buahan seperti semangka, melon, belimbing dan ketimun adalah buah yang memiliki banyak cairan. Lalu bisakah cairan pada buah tersebut memenuhi kebutuhan cairan tubuh kita?

Benarkah Makan Buah Bisa Bantu Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh?

Seperti yang sering dianjurkan, kebutuhan minum tubuh kita adalah 8 gelas air putih. Lazimnya, kebutuhan tersebut dianjurkan diperoleh dari air putih saja ya. Namun tidak jarang pula kita mendengar bahwa cairan yang ada pada buah dan sayur juga bisa menggantikan kebutuhan minum air putih harian. Benarkah?

Kebutuhan Air Putih Harian untuk Tubuh

Meskipun kerap dianggap sama saja, namun berbagai asosiasi kesehatan menganjurkan agar kebutuhan delapan gelas cairan sebaiknya dipenuhi dari air putih saja. Hal ini disebabkan, komponen utama dalam tubuh adalah cairan yaitu air putih.

Buah dan sayur memang sama-sama memiliki kandungan cairan, namun cairan pada sayur dan buah tidak secara langsung dapat menggantikan kebutuhan delapan gelas kebutuhan air putih harian tubuh. Untuk memenuhinya maka porsi sayur dan buah harus diperhatikan dengan tepat dan umumnya harus dikonsumsi dalam jumlah besar.

Lalu, apakah cairan pada buah dan sayur tidak bisa memberikan asupan untuk tubuh?

Perlu diketahui bahwa kebutuhan cairan tubuh bisa berubah-ubah bergantung pada aktivitas fisik, suhu atau iklim dan kondisi kesehatan.

Dengan mengonsumsi buah dan sayur, kebutuhan cairan yang bisa jadi meningkat tersebut, dapat terpenuhi. Hal inilah yang menyebabkan asupan cairan dari buah dan sayur bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

Berbagai pakar kesehatan menyebutkan bahwa kandungan cairan yang ada pada buah dan sayur sangat baik untuk tubuh karena dilengkapi dengan vitamin, mineral, dan antioksidan.

Jadi, mengonsumsi buah dan sayur yang tinggi cairan tentu boleh-boleh saja, namun penting diingat bahwa cairan buah dan sayur tersebut bukanlah sebagai pengganti kebutuhan cairan harian tubuh ya.

Konsumsi 8 gelas air putih diiringi dengan konsumsi buah dan sayur yang bervariasi akan lebih tepat dilakukan untuk menjamin kebutuhan cairan tubuh kita selalu tercukupi.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi