Benarkah Kurang Tidur Bisa Menyebabkan Hipertensi?

tips cepat tidur

DokterSehat.Com– Ada sebuah hal yang dipercaya oleh banyak orang, yakni jika kita terbiasa kurang tidur, maka risiko untuk terkena masalah hipertensi atau tekanan darah tinggi juga akan meningkat. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan dr. Prasna Pramita, SpPD yang berasal dari Mayapada Hospital, Lebak Bulus, Jakarta, menyebutkan bahwa kurang tidur ternyata tidak serta merta langsung menyebabkan masalah hipertensi, namun mampu meningkatkan tekanan darah dengan signifikan. Sebagai contoh, jika kita tidur hanya 4 jam setiap hari karena ingin menonton pertandingan sepak bola atau bermain game, maka tekanan darah bisa meningkat. Hanya saja, jika kita memang kerap kurang tidur dalam jangka panjang dan menerapkan gaya hidup tidak sehat seperti merokok, mengkonsumsi makanan tidak sehat, dan malas berolahraga, maka kurang tidur bisa menjadi salah satu faktor penyebab munculnya hipertensi.

Durasi tidur yang pendek bisa memberikan efek berupa menurunnya energi, menumpuknya lemak di dalam tubuh, membuat suasana hati berantakan, mudah emosi, dan memicu depresi. Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika mudah emosi bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Columbia University tahun 2006 lalu, disebutkan bahwa orang dewasa yang terbiasa tidur 5 jam atau kurang setiap harinya cenderung meningkatkan risiko terkena hipertensi 2 kali lipat jika dibandingkan dengan mereka yang tidur 7-8 jam dalam sehari.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita selalu memastikan diri untuk tidur dengan waktu yang cukup setiap malamnya agar tubuh tetap berada dalam kondisi sehat dan tidak meningkatkan risiko terkena berbagai macam penyakit.