Terbit: 14 Februari 2018 | Diperbarui: 23 Mei 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kopi telah menjadi minuman yang kian digemari oleh banyak orang. Kita dapat mendapatkan kopi dengan berbagai jenis bentuk sajian dan jenis. Terdapat banyak jenis kopi yang kini kian mudah kita dapatkan salah satunya adalah green coffee.
Green coffee belakangan ini mulai banyak dikenal orang. Kita dapat mendapatkan green coffee dalam berbagai bentuk yang seiring dengan semakin banyaknya produsen kopi yang ingin memenuhi keinginan para pecinta green coffee ini.

Benarkah Green Coffee Mampu Menurunkan Berat Badan?

Minuman green coffee ini dipercaya bermanfaat karena memiliki kandungan yang berbeda dari kopi biasa. Manfaat yang diperoleh green coffee ini diperoleh karena proses pengolahan green coffee yang berbeda sehingga, green coffee disebut-sebut memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dari kopi biasa atau kopi hitam. Kafein yang lebih rendah ini bisa kita peroleh dari green coffee karena pada pengolahannya green coffee tidak melalui proses pemanggangan seperti kopi hitam biasa. Hal ini yang menyebabkan green coffee selain memiliki kandungan kafein yang lebih rendah daripada kopi hitam biasa, juga memiliki suatu kandungan asam klogorenat. Asam klogorenat ini bermanfaat bagi tubuh kita yang dipercaya mampu menurunkan berat badan.

Suatu penelitian yang dilakukan di Ahvaz Jundishapur University of Medical Sciences di Iran menunjukkan bahwa terdapat efek yang mampu menghasilkan penurunan berat badan dari pemberian ekstrak biji green coffee. Beberapa studi lain menunjukkan pemberian 1% ekstrak green coffee efektif (Green Coffe Extract/ CGE) mampu memberikan efeka yang nyata untuk mempertahankan berat badan sehingga terdapat fungsi yang dapat mencegah berat badan kita naik.

Mehnoosh Samadi, salah satu tim dalam penelitian tersebut, menyebutkan bahwa pemberian ekstrak green coffee akan lebih efektif manfaatnya dalam penurunan berat badan disertai dengan pengaturan diet yang rendah kalori. Green coffee terbukti memiliki efek yang mampu menurunkan berat badan, namun kita tetap perlu memerhatikan kadar yang tepat dalam meminum green coffee ini agar manfaatnya, bisa terasa.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi