DokterSehat.Com– Sarapan pagi adalah waktu makan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi sarapan pagi yang kaya akan nutrisi. Hanya saja, karena berbagai kesibukan, kadangkala kita tidak sempat sarapan atau memilih untuk menjadikan pisang sebagai makanan saat sarapan pagi yang mudah untuk didapatkan dan bisa dimakan di sela-sela kesibukan.

doktersehat-pisang- teh-insomnia-alternatif-sehat-obat

Menurut pakar kesehatan, buah pisang kaya akan potssium dan magnesium. Sayangnya, mengonsumsi pisang saat perut masih kosong seperti saat di pagi hari ternyata bisa memicu ketidakseimbangan mineral di dalam tubuh. Padahal, ketidakseimbangan mineral ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan organ kardiovaskular. Pakar kesehatan pun menyarankan kita untuk tidak mengonsumsinya sebagai satu-satunya makanan saat sarapan pagi.

Dilansir dari Boldsky, pisang memiliki berbagai kandungan serat, magnesium, dan potassium. Selain itu, pisang juga kaya akan gula alami yang bisa dijadikan sumber energi tubuh. Beberapa kandungan lain yang sangat baik bagi kesehatan tubuh kita adalah tryptophan, vitamin B, zat besi, dan vitamin B6.

Sayangnya, jika kita makan pisang saat perut dalam kondisi kosong, maka kandungan gula yang cukup tinggi di dalamnya akan memicu lonjakan glukosa darah. Hal ini akan membuat produksi insulin meningkat dan akhirnya membuat energi akan menurun dengan cepat. Meski bisa membuat perut terasa kenyang, makan pisang saat perut kosong akan membuat kita lebih mudah merasa lelah dan mengantuk.

Menurut pakar kesehatan, sebenarnya kita boleh-boleh saja mengonsumsi pisang saat sarapan pagi. Hanya saja, pisang ini dijadikan makanan pendamping dari makanan sarapan lainnya yang kaya akan nutrisi menyehatkan. Sebagai contoh, kita bisa mengonsumsinya bersama dengan oatmeal yang kaya akan serat dan baik bagi kesehatan tubuh.

Kalau Sobat Sehat terbiasa sarapan pagi tidak?