Terbit: 6 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sebuah penelitian kesehatan membuktikan bahwa bisa jadi kentang goreng, salah satu makanan yang dianggap sebagai makanan yang paling tidak sehat, justru lebih sehat dibandingkan dengan salad bagi sebagian orang. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Benarkah Kentang Goreng Lebih Sehat dari Salad?

Dikutip dari GQ, Profesor Eran Segal dari Weizmann Institute yang ada di Israel melakukan sebuah penelitian yang bisa menunjukkan kondisi kadar gula darah dari 800 orang yang mengomsumsi makanan yang sama. Prof. Segal juga mengecek kebiasaan olahraga, tidur, atau mandi para partisipan. Hasilnya adalah, setiap orang memberikan reaksi yang berbeda-beda pada satu jenis makanan yang sama.

Dalam penelitian yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal Cell ini, disebutkan bahwa terkadang, penyebab kenaikan kadar gula darah dengan drastis dalam tubuh justru tidak disebabkan oleh konsumsi makanan tidak sehat seperti kentang goreng, melainkan oleh makanan-makanan yang dianggap sehat seperti salad.

Dalam penelitian ini, ada beberapa orang yang langsung mengalami kenaikan kadar glukosa darah meski baru mengonsumsi buah pisang atau salad. Namun, terdapat pula orang lain yang justru mengalami kenaikan kadar glukosa darah dengan drastis setelah mengonsumsi makanan seperti cookies. Ternyata, kenaikan gula darah lebih bergantung pada kondisi genetik seseorang, gaya hidup, dan kondisi mikrobioma, sejenis ekosistem bakteri pada perut yang merespons makanan yang dikonsumsi.

Melihat adanya fakta ini, bukan berarti kentang goreng lebih sehat dari salad. Namun, bagi sebagian orang dengan kondisi kesehatan tertentu, hal ini bisa saja benar-benar terjadi, apalagi jika salad yang dikonsumsi juga diberi tambahan bahan makanan yang tidak sehat seperti mayonnaise.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Kalau Sobat Sehat sendiri lebih suka makan kentang goreng atau makan salad?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi