Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Asam folat merupakan salah satu nutrisi yang diperlukan oleh ibu hamil. Fungsi asam folat selama kehamilan antara lain untuk mencegah risiko bayi cacat lahir dan mendukung perkembangan otak dan organ janin lainnya di awal kehamilan. Namun hati-hati, mengonsumsi asam folat terlalu banyak selama kehamilan dapat memicu kondisi autisme pada anak.

Benarkah Kelebihan Asam Folat Dapat Memicu Autisme pada Bayi?

Photo Credit: flickr.com/Tim Cornbill

Konsumsi asam folat tinggi dapat memicu autisme

Saat hamil, kebutuhan asam folat adalah sebesar 400-800 mcg. Dilansir dari Live Science, ibu hamil yang mengonsumsi asam folat terlalu banyak selama hamil cenderung memiliki anak yang autis dibanding dengan ibu hamil yang mengonsumsi asam folat dalam batas normal.

Selama ini diketahui bahwa ibu hamil perlu mengonsumsi asam folat untuk menjaga kondisi janin. Kekurangan asam folat dapat menyebabkan anak mengalami sejumlah gangguan, termasuk salah satunya adalah autisme. Namun ternyata kelebihan asam folat juga dapat menyebabkan autisme pada anak.

Selain asam folat, kadar vitamin B12 yang sangat tinggi pada ibu setelah melahirkan juga berisiko menyebabkan gangguan autisme pada anak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Dalam sebuah studi yang dilakukan di Boston dengan mengamati 1400 pasangan ibu dan anak yang berpenghasilan rendah, dihasilkan bahwa anak-anak yang mengidap autisme memiliki ibu dengan kadar vitamin B12 dan folat yang cukup tinggi.

Kelebihan asam folat dalam tubuh dapat disebabkan oleh ibu mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, terlalu banyak konsumsi suplemen mengandung folat atau memang tubuh ibu dapat menyerap jumlah folat yang banyak.

Asam folat banyak ditemui di sayuran berdaun hijau, jeruk, kacang-kacangan dan makanan yang diperkaya akan folat seperti susu, sereal atau pasta. Namun masih diperlukan penelitian lebih lanjut apakah sumber makanan tertentu yang dikonsumsi selama kehamilan dapat meningkatkan autisme pada anak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi