Benarkah Kebiasaan Naik Motor Tanpa Jaket Memicu Paru-Paru Basah?

DokterSehat.Com– Tidak semua orang memakai jaket atau peralatan safety riding lainnya saat berkendara sepeda motor. Biasanya hal ini disebabkan oleh suhu udara yang panas atau jarak berkendara yang dianggap tidak terlalu jauh sehingga dianggap tidak apa-apa jika tidak memakai jaket. Namun, kebiasaan ini disebut-sebut bisa memicu paru-paru basah karena membuat angin langsung menerpa tubuh, khususnya area dada secara langsung. Apakah hal ini benar adanya?

Pakar kesehatan di bidang spesialis paru bernama dr. Agus Dwi Susanto menyebutkan bahwa hingga saat ini, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa kebiasaan berkendara sepeda motor tanpa memakai jaket bisa memicu paru-paru basah. Hanya saja, dr. Agus berkata bahwa malas memakai jaket memang bisa memicu datangnya penyakit pada saluran pernafasan. Hal ini disebabkan oleh besarnya tekanan udara yang menerpa dada saat kita berkendara sepeda motor. Padahal, bisa jadi kita juga menghirup kuman, polusi, dan berbagai partikel jahat saat berkendara.

Demi mencegah datangnya gangguan pernafasan, ada baiknya memang kita memakai jaket, rompi pelindung dada, hingga masker agar tidak mudah terpapar udara sekaligus polusi udara yang bisa berbahaya bagi kesehatan.

Lantas, apakah berarti kebiasaan ini tidak menyebabkan paru-paru basah? Dr. Agus menyebutkan bahwa paru-paru basah sebenarnya adalah peradangan pada paru yang disebabkan oleh kuman tertentu, bukannya karena terpaan angin yang disebabkan oleh berkendara tanpa jaket. Namun, karena saat berkendara ada kemungkinan banyak sekali polusi atau hal-hal lain yang kita hirup, bisa jadi kuman penyebab paru-paru basah ini juga akan ikut kita hirup dan terakumulasi sehingga memicu gangguan pernafasan tersebut.