Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apakah Anda sering mengonsumsi yoghurt? Kerap dianggap makanan sehat, namun kita tentu tahu bahwa yoghurt juga memiliki kandungan lemak ya. Lalu, apakah dengan adanya kandungan lemak tersebut yoghurt menjadi tidak sehat lagi?

Benarkah Kandungan Lemak Pada Yoghurt, Membuatnya Tak Sehat Lagi?

Yoghurt merupakan produk olahan susu yang difermentasi, hal inilah yang menyebabkan yoghurt menjadi salah satu olahan makanan yang baik untuk pencernaan karena adanya bakteri baik pada yoghurt.

Selain itu, yoghurt kerap ditambahkan dengan berbagai zat atau senyawa yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, diantaranya stanol dan sterol. Lalu bagaimana dengan kandungan lemaknya?

Berdasarkan data dari US Departement of Agriculture, kandungan lemak yang ada pada yoghurt secara umum adalah:

Kandungan lemak total cukup rendah

Total fat yang ada pada 100 gram yoghurt, yang setara dengan 8-10 sendok makan yoghurt, adalah sebesar 0,39 gram lemak. Angka tersebut tentu cukup rendah dibandingkan produk hewani dalam bentuk segar yang umumnya diatas 4 gram dalam berat yang sama.

Kandungan lemak jenuh tinggi

Dari total lemak tersebut, terdapat 0,11 gram lemak yang merupakan lemak jenuh. Lemak jenuh inilah yang kerap dianggap sebagai lemak jahat. Namun angka tersebut memang tidak setinggi produk hewani segar lainnya.

Kandungan lemak tidak jenuh yang rendah

Dibandingkan kandungan lemak jenuh, kandungan lemak baik, jenis MUFA dan PUFA pada yoghurt cenderung cukup rendah yaitu 0,05 dan 0,01 gram dalam 100 gram yoghurt.

Rendah lemak trans namun tinggi kolesterol

Dalam 8-10 sendok makan yoghurt terdapat kandungan lemak trans yang sangat rendah, namun memiliki kandungan kolesterol yang tinggi yaitu 5 mg kolesterol.

Secara umum kandungan lemak yang ada pada yoghurt memang cukup rendah, namun adanya kandungan kolesterol pada yoghurt menyebabkan kini ada banyak olahan yoghurt dengan jenis rendah lemak.

Hal ini tentu bisa menjadi pilihan agar manfaat hebat yoghurt bisa kita rasakan tanpa harus mengkhawatirkan asupan lemak yang berlebihan, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi