Benarkah Kadar Kolesterol Tinggi Menyebabkan Sulit Hamil?

kehamilan-kembar-doktersehat

DokterSehat.Com– Jika Anda dan pasangan sedang berencana untuk punya anak, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan lengkap termasuk cek kadar kolesterol. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa pasangan yang memiliki kadar kolesterol tinggi lebih susah untuk hamil dibanding dengan pasangan yang memiliki kadar kolesterol normal.

Hubungan antara kolesterol dan kehamilan

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Enrique Schisterman, peneliti senior di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development in Rockville, Maryland menyebutkan bahwa pasangan yang memiliki kadar kolesterol bebas yang tinggi membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat hamil.

Dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati 501 pasangan di Michigan dan Texas yang sedang mencoba untuk memiliki anak dan tidak diberikan terapi ketidaksuburan. Perawat mengambil darah sampel dari pasangan tersebut untuk diukut kadar lemak lengkap seperti kolesterol bebas, kolesterol total, fosfolipid, trigliserida dan lipid total.

Selama pengamatan setahun berjalan, 347 pasangan dinyatakan hamil. Setelah mengevaluasi kadar lemak di masing-masing pasangan, para peneliti menemukan hubungan kuat antara kadar kolesterol bebas dan waktu yang dibutuhkan untuk hamil.

Kolesterol memengaruhi kesuburan seseorang karena dapat menghambat kerja hormon baik dalam tubuh pria maupun wanita. Hormon seperti estrogen dan progesteron pada wanita dan testosteron pada pria berperan penting pada proses kehamilan. Hormon tersebut memengaruhi kualitas sperma dan sel telur, kemampuan perlekatan embrio pada dinding rahim dan kondisi kesehatan ibu hamil lainnya.

Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran setiap pasangan yang sedang ingin memiliki anak. Meskipun demikian, penelitian ini memiliki kekurangan karena tidak tersedia data mengenai pola makan setiap peserta yang juga memengaruhi kondisi ibu dan kehamilan.

Bagaimana dengan Anda, sudah cek kadar kolesterol bulan ini?