Terbit: 17 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter


DokterSehat.Com– Saat hamil, wajar bagi ibu hamil untuk makan dalam porsi yang lebih banyak. Namun bagaimana jika hamil kembar? Benarkah harus makan dua kali lebih banyak dari ibu hamil biasa?

doktersehat-ibu-hamil-kehamilan-makan-bergizi

Dilansir dari laman WebMD, sebenarnya ibu hamil kembar hanya membutuhkan tambahan 300 kalori per hari. Ukuran tersebut setara dengan semangkuk sereal dengan susu rendah lemak dengan potongan pisang.

Pola makan sehat bagi ibu hamil kembar

Bagi Anda yang sedang hamil kembar, berikut ini pola makan yang aman bagi Anda:

1. Karbohidrat kompleks
Karbohidrat kompleks memberi tubuh Anda energi yang baik selama kehamilan. Karbohidrat kompleks juga mengandung serat yang dapat membantu pencernaan tubuh dan mencegah sembelit. Beberapa contoh karbohidrat kompleks antara lain pasta, oat, nasi cokelat dan roti gandum utuh.

2. Protein dan zat besi
Protein baik bagi tubuh dalam hal meningkatkan produksi darah, terutama protein yang mengandung zat besi yang mudah diserap tubuh. Protein tersebut adalah daging merah, ayam dan makanan laut. Selama hamil tubuh Anda membutuhkan lebih banyak darah untuk pertumbuhan janin.

3. Kalsium

Anda membutuhkan kalsium agar tulang, gigi dan kalsium Anda berfungsi maksimal. Beberapa produk susu seperti susu, keju dan yogurt adalah makanan yang kaya akan kalsium.

4. Lemak sehat
Lemak sehat yang baik bagi kehamilan Anda antara lain lemak dari minyak zaitun, kacang-kacangan. makanan seperti tahu, tempe dan kacang kenari juga baik bagi ibu hamil.

5. Camilan sehat

Anda juga perlu menambahkan camilan sehat dalam pola makan sehari-hari. Camilan yang bisa Anda santap antara lain kacang almon, pasta, dan oatmeal dengan strawberry.

Selain memerhatikan pola makanan, jangan lupa untuk memperbanyak minum air putih. Minumlah lebih dari 8 gelas air putih untuk menghindari dehidrasi.

Semoga kehamilan kembar Anda sehat selalu ya Mom!



DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi