DokterSehat.ComKehamilan anak adalah hal yang paling ditunggu-tunggu bagi wanita dan seorang ayah di manapun. Hal ini dianggap sebagai waktu yang paling berharga dalam kehidupan seseorang. Setiap ibu sangat senang dan bangga merawat si kecil yang dipupuk di dalam rahimnya.

gerhana-dan-kehamilan-doktersehat

Photo Credit: flickr.com/Tim Cornbill

Kehamilan adalah masa yang sangat penting. Instruksi pun datang dari mana-mana, bagaimana merawat kehamilan dan apaya yang harus dihindari. Terkadang hal ini membuat bingung, terutama jika ini adalah kehamilan pertama Anda.

Gerhana bulan selama kehamilan benar-benar bisa menimbulkan kebingungan. Selama bertahun-tahun, telah diperdebatkan tentang apakah gerhana bulan mempengaruhi wanita hamil dan jika iya, lalu bagaimana?

Mencoba untuk memahami apakah itu benar-benar pertanda atau hanya logika yang berbasis dari sains sederhana akan membantu Anda menghetahui apakah benar-benar ada efek gerhana bulan pada kehamilan.

Bunda, gerhana bulan atau Super Blue Blood Moon akan terjadi pada malam ini, Rabu 31 Januari 2018. Fenomena alam ini bisa disaksikan di sebagian besar wilayah Indonesia pada sore nanti selama sekitar 6 jam, dari fase awal hingga akhir sekitar pukul 17.00 WIB hingga 23.00 WIB.

Apa itu gerhana?
Gerhana bulan sama seperti fenomena alam matahari terbit, terbenam atau bahkan cuaca dan perubahan iklim.

  • Gerhana terjadi saat matahari, bulan dan bumi, sejajar dalam satu garis tunggal.
  • Saat bulan terbit antara matahari dan bumi, itu disebut gerhana matahari.
  • Saat bumi berada di antara matahari dan bulan, itu disebut gerhana bulan.

Apakah gerhana berdampak buruk pada kehamilan?
Berbagai budaya di seluruh dunia memiliki aneka ragam hal ini. Beberapa menganggap gerhana sebagai pertanda buruk bagi wanita hamil, namun ada yang tidak sependapat.

Secara ilmiah, belum ada yang membuktikan bahwa gerhana baik gerhana bulan maupun gerhana matahari bisa berbahaya pada kehamilan. Namun, lebih dari sekedar mitos dan mengikuti tradisi secara turun temurun.

Mitos atau ilmu pengetahuan?
Mari kita ketahui apakah gerhana bisa membahayakan kehamilan, seperti dilansir dari Mom Junction, berikut ini:

1. Jangan melihat matahari dan tetap di dalam ruangan:
Ini benar, tapi imbauan ini tidak berlaku hanya saat Anda hamil. Sebaliknya, Anda harus menghindari melihat matahari langsung saat gerhana matahari bahkan saat Anda sedang tidak hamil. Alasannya:

  • Radiasi matahari bisa berbahaya bila dilihat secara langsung. Anda harus berhati-hati jika Anda berencana untuk melihatnya.
  • Melihat gerhana dengan mata telanjang benar-benar dapat mempengaruhi paparan bahwa retina Anda akan memiliki sinar matahari yang sangat terang.
  • Bahkan bisa mengakibatkan luka bakar retina akibat kerusakan pada sel dan batang kerucut yang peka cahaya.
  • Jadi apakah Anda sedang hamil atau tidak, sebaiknya hindari menatap matahari secara langsung saat terjadi gerhana karena bisa merusak mata Anda. Ini terbukti memiliki logika ilmiah.

2. Jangan makan, minum atau masak selama gerhana:
Anda pasti pernah mendengar banyak hal berbeda tentang gerhana dari banyak orang di keluarga Anda. Salah satu imbauan tersebut adalah untuk menghindari makan, minum atau memasak selama gerhana. Bahkan ini pun benar. Inilah caranya dan mengapa:

  • Ini adalah fakta yang diketahui bahwa sinar matahari sangat penting dan merupakan alasan kelangsungan hidup kita
  • Tanpa sinar matahari, saat gerhana berlangsung, bumi mungkin akan mengundang banyak mikroba dan kuman berbahaya. Inilah yang terjadi saat gerhana
  • Karena sinar matahari terhalang, sinarnya juga akan redup
  • Mengakibatkan penurunan suhu mendadak
  • Penurunan suhu dan sinar matahari yang hilang ini menyebabkan mikroba, bakteri dan kuman yang berbahaya meningkat
  • Mudah merusak hampir di setiap makanan
  • Disarankan untuk menghindari makan, minum atau bahkan memasak saat gerhana
  • Sinar matahari membunuh semua bakteri dan kuman berbahaya
  • Terbukti memiliki logika ilmiah

Kebanyakan orang membuang semua makanan yang disiapkan sebelum gerhana. Ini hanya untuk menghindari kontaminasi atau kerusakan yang mungkin terjadi pada makanan selama gerhana.

Inilah mitos dan kepercayaan utama tentang gerhana selama kehamilan. Sangat disarankan agar menghubungi dokter Anda dan mendapat penjelasan dari setiap keraguan. Gerhana adalah fenomena alam yang paling spektakuler. Seharusnya tidak dipandang sebagai pertanda.

Karena itu, ketika nenek moyang Anda memperingatkan Anda terhadap gerhana, sadarilah bahwa itu hanya untuk Anda dan keselamatan bayi Anda. Mereka mungkin memperingatkan Anda tentang keyakinan dan mitos. Namun, Anda tahu bahwa mitos ini lahir dari sains dan baru saja diberi wajah baru atas nama budaya, tradisi dan mitos.