DokterSehat.Com– Ketika hamil, ibu perlu melakukan pemeriksaan gula darah. Menurut penelitian, bagi wanita yang mengidap diabetes semasa hamil, cenderung melahirkan anak yang mengidap autisme.



Photo Credit: pexels.com

Pengaruh diabetes gestasional pada autisme

Sebuah penelitian mengenai diabetes gestasional dilakukan di Amerika Serikat. Dalam penelitian yang dilakukan pada lebih dari 320.000 anak yang lahir di Amerika Serikat ini tidak dapat membuktikan secara langsung diabetes gestasional dengan autisme.

Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa risiko autisme terlihat pada awal terjadinya diabetes gestasional atau sekitar tujuh kasus tambahan per 1.000 kehamilan. Hal ini menunjukkan risiko autisme lebih tinggi dari angka yang tidak melibatkan diabetes gestasional. Tetapi hasil penelitian tersebut tidak menunjukkan peningkatan risiko yang dikaitkan dengan kondisi wanita yang mengetahui ia mengalami diabetes tipe 2 ketika sebelum hamil.

Namun dalam penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa perkembangan diabetes gestasional yang terjadi selama trimester pertama atau kedua saat kehamilan dapat berisiko menyebabkan anak autis meskipun risiko tersebut ternyata sangat kecil.

Hal penting lainnya dalam penelitian tersebut adalah peneliti mengatakan bahwa wanita yang mengidap diabetes gestasional pada minggu ke-26 kehamilannya memiliki risiko 42% lebih tinggi untuk mengidap autisme, dibandingkan dengan anak-anak yang ibunya memiliki diabetes gestasional. Temuan ini dilakukan setelah memperhitungkan faktor lain yang dapat memengaruhi hasil seperti usia, pendidikan dan berat badan ibu.

Sedangkan pada ibu yang mengetahui bahwa ia mengalami diabetes tipe 2, risiko mengalami autis sangat kecil dan bahkan tidak ada. Hal ini diduga karena ibu hamil telah memersiapkan diri sehingga lebih mudah mengontrol gula darah selama kehamilan.

Mengenai hubungan antara diabetes gestasional dengan autisme, para peneliti juga belum dapat mengetahui mekanisme di antara keduanya. Para peneliti percaya bahwa kadar gula darah yang tinggi yang berkaitan dengan diabetes gestasional dapat mengganggu perkembangan otak selama kehamilan. Karena itu perlu dilakukan pemeriksaan gula darah selama kehamilan.