Terbit: 4 Maret 2020
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: dr. Jati Satriyo

Salah satu buah yang kurang populer untuk sebagian besar masyarakat Indonesia padahal punya banyak manfaat adalah buah plum. Padahal, manfaat buah plum tak kalah hebat dengan buah lainnya. Selain itu, buah plum adalah buah yang bisa memiliki bentuk besar atau kecil, dengan kulit merah, ungu, hijau, kuning atau oranye, dan daging merah muda, kuning, atau oranye.

23 Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan (Bikin Langsing hingga Cegah Kanker)

Manfaat Buah Plum yang Bisa Didapatkan Tubuh

Sebelum menjelaskan mengenai manfaat plum, perlu Anda ketahui bahwa buah plum memiliki kandungan yang kaya akan antioksidan. Tingginya kandungan antioksidan menjadikan buah dalam genus Prunus dari keluarga Rosaceae ini memiliki kemampuan untuk melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan yang bisa menyebabkan diabetes, Alzheimer, Parkinson, hingga kanker.

Selain itu, banyak khasiat buah plum didapatkan karena kandungan kalsium, magnesium, fosfor, kalium, vitamin C, vitamin A, vitamin K, dan folat yang ada di dalam buah plum.

Manfaat Buah Plum untuk Kesehatan

Berkat kandungan buah plum yang menyehatkan, plum baik untuk mengatasi berbagai masalah pada tubuh, salah satunya obesitas. Selain itu, ada banyak manfaat buah plum yang harus Anda ketahui, di antaranya:

1. Mengatasi Obesitas

Manfaat buah plum yang pertama adalah kemampuannya mengatasi obesitas. Sebuah penelitian mengungkapkan, mengonsumsi buah plum membantu dalam melawan sindrom metabolik karena senyawa bioaktif di dalamnya

Flavonoid dan komponen fenolik seperti antosianin, asam klorogenat, kuersetin, dan katekin yang ada di dalam buah plum bisa memberikan efek antiobesitas dan antiinflamasi pada sel, termasuk sel-sel lemak. Selain itu, kandungan di dalam buah plum juga membantu dalam mencegah masalah terkait obesitas seperti gangguan kolesterol, diabetes, dan penyakit kardiovaskular.

Jadi, Anda yang sedang menjalani program melangsingkan tubuh, dapatkan manfaat buah plum merah untuk diet dengan mengonsumsinya secara rutin.

2. Mengontrol Diabetes

Manfaat buah plum merah dapat membantu dalam memerangi diabetes, karena memiliki efek antihiperglikemik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak plum membantu mengurangi gula darah dan kadar trigliserida dalam tubuh. Flavonoid yang terdapat di dalam buah plum memberikan efek perlindungan terhadap resistensi insulin dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin dalam tubuh.

3. Mencegah Osteoporosis

Flavonoid seperti asam caffeic yang terkandung di dalam buah plum membantu menghambat kerusakan jaringan tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis pada wanita pascamenopause.

Sedangkan kandungan polifenol bersama dengan kandungan kalium yang ada dalam buah plum kering mendorong pembentukan tulang, meningkatkan kepadatan tulang, dan mencegah keropos tulang yang disebabkan oleh kekurangan hormon ovarium. Konsumsi buah plum secara teratur juga membantu dalam pemulihan kepadatan tulang yang telah hilang karena penuaan.

4. Melancarkan Pencernaan

Mengonsumsi makanan kaya akan serat telah menjadi resep untuk melancarkan sistem pencernaan. Karena sumber serat yang tinggi, manfaat buah plum merah tidak hanya sebatas menyembuhkan obesitas tetapi juga membantu melancarkan pencernaan.

Penelitian menunjukkan bahwa manfaat buah plum hitam atau merah dapat meregulasi saluran pencernaan karena kandungan kadar sorbitol dan isatin di dalamnya, sehingga penyakit seperti sembelit bisa terhindarkan.

Berkat kemampuannya membantu melancarkan pencernaan, manfaat buah plum merah untuk diet. Seperti yang kita ketahui, pencernaan yang lancar dapat menjaga berat badan tetap stabil.

5. Meningkatkan Kemampuan Kognitif

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa flavanoid pada buah plum sangat efektif memberi perlindungan terhadap kemampuan kognitif seseorang terkait dengan usia.

Fitonutrien yang terdapat di buah plum membantu mengurangi peradangan di area neurologis untuk meningkatkan fungsi belajar dan memori. Bila dikonsumsi secara rutin, manfaat buah plum hitam juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif terkait usia.

6. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Manfaat buah plum lainnya yang bisa didapatkan tubuh dapat membantu tubuh meningkatkan resistensi pada infeksi dan peradangan, ini karena buah plum kaya akan vitamin C. Penelitian menunjukkan bahwa buah plum juga mengandung nitric oxide yang dapat menghalang pertumbuhan sel tumor.

7. Menjaga Sistem Saraf

Buah plum mengandung vitamin B6 yang membantu dalam transmisi sinyal saraf dan membantu kelancaran sistem saraf. Manfaat buah plum juga membantu dalam pertumbuhan normal otak dan membantu pembentukan hormon yang memengaruhi suasana hati.

Selain itu, berkat kandungan tryptophan, asam amino yang ada di dalamnya, manfaat buah plum hitam dapat membantu produksi neurotransmitter serotonin yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas tidur, nafsu makan, dan konsentrasi.

8. Membantu Pembentukan Sel Darah Merah

Buah plum mengandung mineral penting seperti besi dan tembaga yang membantu dalam pembentukan sel darah merah dan membuat sirkulasi darah yang sehat. Kandungan tembaga dalam plum bertindak sebagai antioksidan dan sangat penting untuk kesehatan saraf dan pembentukan kolagen. Konsumsi tembaga juga membantu dalam penyerapan zat besi dan mencegah berbagai penyakit seperti anemia dan osteoarthritis.

9. Meringankan Gejala Influenza

Manfaat buah plum yang jarang orang ketahui adalah kemampuannya melawan virus influenza. Zat di dalam buah plum mengandung molekul seperti lectin yang membantu dalam menghambat dan mengobati infeksi atau penyakit yang disebabkan oleh virus influenza.

10. Mengontrol Tekanan Darah

Kandungan kalium dalam buah plum baik untuk mengontrol tekanan darah. Buah plum membantu tubuh menyingkirkan natrium ketika buang air kecil, dan itu mengurangi ketegangan dinding pembuluh darah. Ketika tekanan darah Anda lebih rendah, peluang terkena stroke pun ikut menurun.

11. Menjaga Keseimbangan Elektrolit

Kandungan tinggi potasium yang ditemukan pada buah plum efektif melindungi sel dan jaringan di tubuh. Manfaat buah plum lainnya adalah kemampuannya mengatur kontraksi otot dan menyeimbangkan berbagai zat kimia dalam tubuh, yang pada akhirnya menjaga keseimbangan elektrolit secara keseluruhan.

12. Membantu Menyerap Zat Besi

Manfaat buah plum hitam bisa membantu penyerapan zat besi, yang bermanfaat untuk mencegah anemia, menjaga sel dalam tubuh, kulit, kuku, dan rambut.

Kandungan vitamin C dapat diserap dengan sempurna oleh tubuh, maka mineral lain seperti zat besi juga harus diserap tubuh tanpa halangan, oleh karena itu Anda harus mengonsumsi buah plum untuk mendapat manfaat vitamin C.

13. Menjaga Kulit Tetap Sehat

Manfaat buah plum lain yang bisa didapatkan adalah kemampuannya menjaga kesehatan kulit. Buah plum memberikan nutrisi yang tepat karena kandungan vitamin dan mineralnya. Konsumsi buah ini secara rutin dan tidak berlebihan membuat kulit memproduksi kolagen dan menjaga tingkat keelastisannya.

Selain itu, mengonsumsi buah plum juga membantu mengurangi bintik-bintik hitam dan kerutan karena adanya nutrisi anti-penuaan. Ekstrak buah plum juga biasa digunakan dalam berbagai produk perawatan kulit.

14. Menangkal Radikal Bebas

Vitamin C dan fitonutrien seperti lutein, cryptoxanthin, zeaxanthin, dan asam klorogenik yang terdapat pada buah plum merah memiliki kualitas antioksidan yang efektif mencegah kerusakan yang disebabkan oleh radikal oksigen yang disebut superoxide anion radicals.

Selain itu, kandungan fenol dalam buah plum merah juga memperluas efek perlindungannya terhadap lemak esensial di neuron dan membran sel terhadap cedera yang disebabkan oleh stres oksidatif.

15. Baik untuk Perkembangan Janin

Mengonsumsi setidaknya 2-3 buah plum seminggu sekali selama kehamilan adalah sesuatu yang baik. Oleh karena itulah, setiap ibu hamil bisa menambahkan buah plum untuk diet pada asupan hariannya.

Konsumsi buah plum secara teratur akan membuat janin semakin sehat dan mengurangi risiko yang terkait dengan penyakit bawaan. Selain itu, karena diperkaya dengan antioksidan, buah plum adalah buah yang dapat menangkal berbagai infeksi selama kehamilan.

16. Baik untuk Kondisi Psikologis

Banyak orang tidak menyangka bahwa buah plum merah memiliki kemampuan untuk menjaga kesehatan psikologis. Beberapa pakar mengatakan bahwa, manfaat buah plum yang bisa didapatkan adalah mengurangi kecemasan dan stres, di mana kedua hal ini memainkan peran penting terkait kesehatan mental seseorang.

17. Menjaga Keseimbangan Asam Basa Tubuh

Plum mengandung kalium, yang merupakan elektrolit dan diperlukan untuk fungsi sel dan jaringan tubuh yang efisien. Mengonsumsi plum yang kaya kalium membantu mengatur kontraksi otot dan keseimbangan asam basa tubuh.

18. Mencegah Degenerasi Makula

Buah ini mengandung vitamin A dan beta-karoten yang bermanfaat dalam menjaga penglihatan sehat dan mencegah degenerasi makula terkait usia. Karotenoid, lutein, dan zeaxanthin, terdapat di dalamnya berada di jaringan makula retina dan memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh radiasi UV.

19. Membantu Pembekuan Darah

Manfaat buah plum berikutnya yang jarang orang sadari adalah membantu dalam pembekuan darah secara normal, khasiat buah plum ini didapatkan karena kandungan vitamin K di dalamnya. Saat Anda kekurangan vitamin K tubuh dapat menyebabkan kehilangan darah yang berlebihan dan masalah kesehatan lainnya seperti tulang yang lemah.

20. Mencegah Gangguan Jantung

Sebuah penelitian mengungkapkan, jika Anda rutin mengonsumsi buah plum kering, hal itu membantu  meningkatkan fluiditas darah di arteri. Efek perlindungan ini membantu dalam pencegahan berbagai gangguan jantung, termasuk aterosklerosis, serangan jantung, dan stroke.

21. Mengatur Tingkat Kolesterol

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa manfaat buah plum merah dapat membantu mencegah mencegah hiperkolesterolemia dan hiperlipidemia. Penelitian tersebut menemukan manfaat buah plum mampu mempertahankan kadar plasma dan kolesterol hati yang sehat.

Kandungan serat yang terkandung di dalamnya juga menambah efek perlindungan jantung dengan mengurangi LDL atau kolesterol jahat dan membantu meningkatkan kadar HDL atau kolesterol baik.

22. Mengurangi Kecemasan

Manfaat buah plum lainnya adalah kemampuannya untuk mengurangi kecemasan. Hal ini terjadi karena efek anxiolytic dan sifat antioksidan dari asam klorogenik yang terdapat dalam buah plum membantu dalam menyembuhkan perilaku terkait kecemasan dan kerusakan yang disebabkan oleh stres oksidatif.

23. Anti-Kanker

Manfaat buah plum merah atau hitam yang diekstrak terbukti dapat mencegah perkembangan kanker. Berdasarkan penelitian, bahwa komponen epicatechin dalam plum dapat membantu dalam menghambat pertumbuhan dan proliferasi ganas. Sel kanker dan menginduksi apoptosis pada karsinoma hepatoseluler manusia atau kanker hati.

Plum kaya akan antioksidan dan fitonutrien, termasuk asam klorogenat dan neo-klorogenik yang memiliki efek kuratif pada sel kanker payudara, tanpa merusak sel-sel tubuh yang sehat.

Baca juga: 7 Cara Makan Buah Plum (Nikmat dan Sehat)

Cara Memilih dan Menyimpan Buah Plum

Pilih buah plum merah dalam kondisi sedikit keputihan seperti bedak, ini menunjukkan tidak ada penanganan berlebihan. Hindari yang lunak dan memar. Buah plum yang matang dan siap untuk dimakan tidak begitu lunak dan memiliki aroma yang manis.

Plum bisa disimpan di kulkas. Sementara buah plum yang masih sedikit keras dapat disimpan dalam kantong kertas pada suhu kamar sampai matang. Buah plum dapat disimpan pada suhu kamar selama beberapa hari.

Selain itu, buah plum sangat bagus dikonsumsi mentah, dipanggang, direbus, dipanggang, atau ditumis. Berikut adalah beberapa variasi mengonsumsi plum yang bisa dicoba, antara lain:

  • Tambahan buah plum dalam sajian salad.
  • Tambahkan sepotong plum ke dalam air mineral atau teh.
  • Tambahkan plum dalam sajian yoghurt atau granola ketika sarapan.
  • Tambahkan buah plum ke smoothie.

Efek Samping Plum

Meski buah ini memiliki banyak manfaat, plum ternyata juga memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Berikut ini efek samping dari buah plum jika dikonsumsi berlebihan, di antaranya:

1. Meningkatkan Berat Badan

Meskipun menambahkan buah plum ke diet Anda dapat membantu menurunkan berat badan, namun jika Anda mengonsumsinya dalam jumlah banyak, hal itu dapat memiliki efek sebaliknya.

Enam plum mentah (atau 57 gram) mengandung 137 kalori dan 21,7 gram gula. Satu porsi jus plum mengandung sekitar 182 kalori. Jadi, Anda harus memperhatikan kalori dan gula dalam buah ini jika Anda mengonsumsi setiap hari.

2. Diare

Serat tidak larut dalam buah plum dapat menyebabkan atau memperburuk diare. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu menghindari buah plum ketika mengalami diare. Ada juga kasus-kasus tertentu dari orang-orang yang pernah mengalami diare setelah mengonsumsi plum dan jus plum.

Ini dapat dikaitkan dengan sifat pencahar dari buah plum. Plum adalah obat pencahar alami karena mengandung senyawa pencahar yang disebut sorbitol. Jadi, dosis yang tidak diatur atau terlalu banyak makan buah ini dapat dengan mudah menyebabkan diare.

Sementara itu Anda yang memiliki intoleransi fruktosa, sebaiknya juga menghindari buah ini karena plum mengandung gula dalam jumlah besar yang mungkin memicu kram perut dan diare

Mereka yang menderita sembelit tidak harus bergantung pada plum sepenuhnya untuk membersihkan sistem pencernaan. Buah ini dapat menyebabkan ketergantungan pencahar setelah periode tertentu dari penggunaan dan bisa memperburuk kondisi serta menyebabkan komplikasi.

3. Alergi

Plum kering diperlakukan dengan sulfit untuk mencegahnya dari oksidasi fenol yang dapat menggelapkan buah dan mengubahnya menjadi cokelat. Seseorang yang memiliki kepekaan terhadap sulfit harus berhati-hati mengenai asupan plum kering karena dapat memicu reaksi alergi, termasuk serangan anafilaksis yang parah.

4. Menyebabkan Gas di Usus

Buah plum mengandung karbohidrat kompleks dan gula yang tidak sepenuhnya hancur di saluran pencernaan. Jadi, ketika gula mencapai usus besar, bakteri mulai memberi makan pada karbohidrat yang tidak dicerna.

Bakteri ini bertanggung jawab untuk gas di usus dan perut kembung. Hal inilah yang menyebabkan Anda sering kentut.

5. Menimbulkan Masalah Ginjal

Buah ini mengandung oksalat yang dapat menumpuk dan mengkristal. Akibatnya masalah kesehatan seperti komplikasi ginjal atau kandung empedu bisa terjadi. Orang yang sudah menderita kondisi seperti itu harus menghindari konsumsi buah plum.

Pada akhirnya, meski buah plum mengandung sejumlah kecil histamin sehingga memungkinkan (meskipun tidak umum) untuk memicu timbulnya  alergi. Jika Anda mengalami gejala alergi yang menurut Anda terkait dengan buah ini, hentikan konsumsi dan segera konsultasikan dengan dokter.

 

  1. Nagdeve, Meenakshi. 21 Best Benefits Of Plums. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-plums.html. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
    Health Benefits of Plums. https://www.webmd.com/food-recipes/benefits-plums#1. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  2. Elliott, Brianna, RD. 2017. 7 Health Benefits of Plums and Prunes. https://www.healthline.com/nutrition/benefits-of-plums-prunes#section3. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  3. Fanous, Summer and Ana Gotter. 2018. The Top Health Benefits of Prunes and Prune Juice. https://www.healthline.com/health/food-nutrition/top-benefits-of-prunes-prune-juice#eating-more-prunes. (Diakses pada 3 Oktober 2019).
  4. Nagdeve, Meenakshi. 2019. 21 Best Benefits Of Plums. https://www.organicfacts.net/health-benefits/fruit/health-benefits-of-plums.html.  (Diakses pada 4 Oktober 2019).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi