10 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan, Benarkah Bisa Mengobati Ginjal?

manfaat-biji-alpukat-doktersehat

DokterSehat.Com – Alpukat atau avokad adalah buah yang populer untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan dan minuman seperti salad, jus, es, smoothie, dan makanan olahan lainnya. Bagian buah alpukat yang dinikmati tentu dagingnya yang berwarna kuning kehijauan. Teksturnya yang lembut dan rasanya yang sedikit manis menjadikan buah ini cocok diolah menjadi berbagai makanan. Tapi ada satu yang dilupakan, adalah manfaat biji alpukat.

Biasanya, Anda akan membuang biji alpukat karena dianggap tidak bermanfaat, bukan? Jangan salah, ternyata biji alpukat sama bermanfaatnya dengan dagingnya. Apa saja khasiat biji alpukat?

10 Manfaat Biji Alpukat untuk Kesehatan Tubuh

Ekstrak biji alpukat sudah digunakan untuk mengatasi tekanan darah tinggi (hipertensi) di Nigeria. Selama ini biji alpukat dianggap tidak bermanfaat, dan penelitian awal menunjukkan bahwa biji alpukat mungkin memiliki beberapa manfaat kesehatan. Berikut ini adalah 10 manfaat biji alpukat yang berpotensi mengatasi berbagai penyakit:

1. Mencegah penyakit tekanan darah tinggi

Seperti yang telah disebutkan, manfaat biji alpukat dapat mengontrol tekanan darah tinggi agar tetap normal. Buah alpukat mengandung kalium yang dapat mengontrol tekanan darah dengan menjaga kelenturan pembuluh arteri. Maka dari itu, mengonsumsi biji alpukat yang telah diekstrak bisa membantu Anda terhindar dari penyakit tekanan darah tinggi.

2. Mengatasi penyakit maag

Maag adalah penyakit yang sering dialami hampir sebagian orang. Penyakit yang terkait dengan sistem pencernaan ini seringkali membuat penderitanya merasa sakit di ulu hati, bahkan hingga lemas dan muntah. Maka dari itu, Anda harus mengantisipasi penyakit maag dengan mengonsumsi makanan yang bisa mencegah penyakit maag datang kembali. Manfaat biji alpukat juga dapat mengatasi dan mencegah penyakit maag.

3. Menjaga daya tahan tubuh

Tidak ada seorang pun yang ingin sakit. Salah satu cara terbaik untuk menghindari tubuh dari penyakit adalah dengan mengonsumsi makanan sehat dan ramuan herbal, salah satunya biji alpukat. Khasiat biji alpukat bisa menjaga daya tahan tubuh agar terhindar dari bebagai penyakit, karena tingginya kandungan antioksidan yang dapat menguatkan sistem imun.

Kandungan antioksidan dalam biji alpukat sekitar 70%. Karena itu, khasiat biji alpukat juga bisa menangkal radikal bebas sehingga tubuh tidak rentan terkena penyakit dan membuat Anda lebih awet muda.

4. Menyembuhkan radang

Manfaat biji alpukat untuk kesehatan tubuh selanjutnya adalah menyembuhkan peradangan. Jika Anda mengalami radang di bagian tubuh, konsumsilah ekstrak biji alpukat yang bisa membuat radang menjadi semakin membaik. Khasiat biji alpukat untuk kesehatan terkait dengan penyembuhan radang, dikarenakan adanya fungsi antiinflamasi pada biji alpukat.

5. Mencegah kanker

Banyak cara yang dapat diupayakan untuk dapat mencegah penyakit kanker, di antaranya adalah dengan menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan pencegah kanker. Mengonsumsi esktrak biji alpukat secara rutin juga dapat membantu tubuh terhindar dari kanker, karena khasiat biji alpukat ini dapat mencegah sel dari kerusakan yang menyebabkannya berubah menjadi kanker.

Penyakit berbahaya ini dapat dicegah berkat kandungan antioksidan yang dapat melawan radikal bebas sebagai penyebab kanker. Biji alpukat juga mengandung flavonoid, zat yang mampu mencegah kanker.

6. Anti penuaan

Telah dijelaskan di atas bahwa salah satu manfaat biji alpukat untuk kesehatan adalah sebagai antioksidan. Hal ini terkait langsung dengan fungsinya sebagai anti-aging, yaitu mencegah penuaan dini. Jadi, konsumsilah ekstrak biji alpukat secara rutin agar Anda tampak awet muda.

7. Mengatasi sembelit

Biji alpukat memiliki kandungan serat alami yang sangat tinggi. Maka dari itu, jika Anda sedang mengalami kondisi susah buang air besar atau sembelit, Anda perlu untuk mempertimbangkan mengonsumsi ekstrak biji alpukat, karena khasiat biji alpukat dapat melancarkan pencernaan.

Manfaat biji alpukat untuk kesehatan juga dapat menyehatkan lambung dan usus Anda, sehingga Anda terhindar dari penyakit pencernaan yang tidak diinginkan.

8. Menurunkan berat badan

Anda sedang diet? Jika ya, berarti akan sangat tepat jika Anda memilih untuk mengonsumsi ekstrak biji alpukat. Manfaat biji alpukat dapat menurunkan berat badan, terutama untuk mendukung program diet. Kandungan serat alami dari biji alpukat ini bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama dan berat badan akan berangsur turun bila mengonsumsinya secara rutin.

9. Menurunkan kolesterol tinggi

Sudah diketahui fakta bahwa daging buah alpukat adalah sumber lemak tak jenuh tunggal yang baik dan dapat membantu mengurangi tingkat lipoprotein (LDL atau kolesterol jahat) dan dapat meningkatkan kadar lipoprotein (HDL atau kolesterol baik).

Biji alpukat juga memiliki sifat penurun kolesterol, karena kandungan nourishing oil dan kaya akan antioksidan yang memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi.

10. Diabetes

Manfaat biji alpukat selanjutnya dapat mengurangi kadar gula darah, yang telah diuji pada tikus penderita diabetes. Satu penelitian pada hewan ini menunjukkan bahwa biji alpukat sama efektifnya dengan obat anti-diabetes.

Jadi, setelah mengetahui 10 manfaat biji alpukat untuk kesehatan, masih mau membuang biji alpukat?

Sementara itu, berdasarkan kabar yang beredar luas di media sosial, disebutkan bahwa penderita penyakit ginjal tidak perlu buru-buru cuci darah dan hanya perlu mengonsumsi ekstrak biji alpukat secara rutin untuk menyembuhkan penyakit ini.

Benarkah khasiat biji alpukat bisa menyembuhkan penyakit ginjal?

Biji Alpukat dan Penyakit Ginjal

Leona Victoria Djajadi, MND, seorang pakar kesehatan menyebutkan bahwa memang telah ada beberapa penelitian kesehatan yang menyebutkan jika banyak khasiat biji alpukat untuk kesehatan. Hanya saja, penelitian-penelitian tentang manfaat biji alpukat untuk batu ginjal belum pernah diujicobakan pada tikus ataupun pada manusia. Alhasil, belum ada bukti yang klinis yang menunjukkan fakta bahwa biji alpukat bisa mengobati penyakit ginjal.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tikus percobaan, diketahui bahwa ekstrak biji alpukat memang bisa menurunkan kadar gula dalam darah, tekanan darah, hingga lemak darah. Ketiga hal tersebut memang memiliki kaitan erat dengan penyakit ginjal.

Sayangnya, belum ada penelitian yang membuktikan bahwa jika meminum ekstrak biji alpukat, kinerja ginjal akan terbantu atau penyakit ginjal akan sembuh. Sehingga, meskipun ada manfaat biji alpukat untuk kesehatan terkait dengan penurunan kadar gula darah, tekanan darah, dan lemak darah tersebut, tidak bisa diambil kesimpulan secara langsung jika khasiat biji alpukat bisa langsung memberikan dampak yang positif untuk penyakit ginjal.

Sementara Jansen Ongko, MSc, RD, seorang pakar kesehatan nutrisi, juga mendukung pernyataan Leona. Menurut Jansen, memang ada manfaat biji alpukat untuk batu ginjal mengingat adanya kandungan lemak sehat yang sangat baik bagi organ ini. Namun sayangnya, belum ada bukti ilmiah yang pasti tentang manfaat biji alpukat untuk penyakit ginjal

Berarti, kabar yang beredar di media sosial ini ternyata kurang tepat dan sebaiknya penderita penyakit ginjal tetap memeriksakan kondisinya ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara Mengonsumsi Biji Alpukat

Biji alpukat sangat keras dan harus diolah sebelum dapat dikonsumsi. Pertama, biji alpukat perlu dikeringkan dalam oven pada suhu tinggi selama beberapa jam. Biasanya biji alpukat dikeringkan dalam oven selama dua jam pada suhu 250 ° F (121 ° C).

Biji yang sudah kering kemudian dicacah dan diblender sampai berbentuk bubuk. Bubuk ini kemudian dapat ditambahkan ke smoothie, oatmeals, sup, teh, saus atau makanan lainnya. Atau cukup masukkan setengah sendok teh bubuk biji alpukat ke dalam cangkir, tuangkan air panas. Biarkan bubuk biji alpukat mengendap selama sekitar 10 menit.

Perlu diperhatikan bahwa biji alpukat ini rasanya pahit. Jika Anda ingin menambahkannya ke smoothie, pastikan untuk menyeimbangkan rasa hingga terasa manis dengan menambahkan buah-buahan, seperti pisang atau stroberi.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba biji alpukat, mungkin yang terbaik hanya memakannya sesekali untuk mengurangi kemungkinan efek sampingnya.