Benarkah Anggur Merah Bisa Jaga Kesehatan Mulut? Cek Penjelasannya

anggur-merah-doktersehat

DokterSehat.Com– Semua orang tahu bahwa konsumsi minuman-minuman beralkohol bisa membahayakan kesehatan. Akan tetapi, anggur merah yang merupakan salah satu jenis minuman beralkohol—menurut  sebuah penelitian diklaim mampu menawarkan sejumlah manfaat baik khususnya untuk kebersihan rongga mulut.

Seperti dikutip dari Independent, para peneliti dari Spanish National Research Council di Madrid menganalisis efek polifenol, antioksidan yang ditemukan dalam anggur merah ternyata dapat membantu mencegah bakteri menempel ke gusi yang biasanya akan menyebabkan gigi berlubang dan plak.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry ini mengungkapkan, efek polifenol akan lebih kuat jika dikombinasikan dengan probiotic streptococcus dentisani bacteria.

Meski temuan itu mengungkapkan manfaat dari anggur merah, para peneliti menyarankan untuk tidak berkumur dengan anggur merah, karena bahan kimia yang dianalisis dalam penelitian ini jauh lebih tinggi daripada yang ditemukan dalam anggur merah.

Oleh karena itu, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk melihat paparan secara luas dan melihat manfaatnya dengan tepat, mengingat paparan polifenol dalam penelitian ini hanya berlangsung selama 47 jam.

Sebuah studi lain juga menemukan adanya pengaruh antimikroba pada anggur merah jenis nonalkohol dan ekstrak biji anggur merah. Pengaruh ini cukup efektif dalam mengatasi bakteri-bakteri penyebab penyakit mulut dan gigi seperti F. nucleatum, A. oris dan S. oralis. Bakteri-bakteri tersebut menjadi penyebab karies gigi, yaitu suatu kondisi munculnya lubang di gigi yang bisa semakin besar atau semakin dalam.

Anggur Merah dan Penyakit Tidak Menular

Sementara itu, penelitian lain mengungkapkan bahwa anggur merah juga baik dikonsumsi untuk orang-orang diabetes tipe 2. Para peneliti, yang dipimpin oleh tim dari Ben-Gurion University of the Negev, ingin tahu apa efek kesehatan dari minum sejumlah anggur pada orang dengan diabetes tipe 2. Para peneliti juga ingin menyelidiki apakah jenis anggur (putih atau merah) memiliki perbedaan efek terhadap diabetes tipe 2.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Annals of Internal Medicine menunjukkan, bahwa peserta yang minum anggur merah dengan makan malam mereka memiliki peningkatan kecil tapi signifikan secara statistik dalam kolesterol high-density lipoprotein (kolesterol baik) sebesar 0,05 mmol/L dibandingkan dengan mereka yang minum air putih saat makan malam. Mereka juga mengalami penurunan kecil tapi signifikan secara statistik dalam rasio kolesterol total degan kolesterol baik sebesar 0,27 dibandingkan dengan mereka yang minum air putih. Sementara untuk anggur putih, kolesterol baik atau rasio kolesterol tubuh tidak berpengaruh .

Selain baik untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan diabetes, anggur merah juga bermanfaat untuk mencegah kanker. Menurut penelitian di Harvard School of Public Health, kandungan antioksidan dalam anggur merah berfungsi sebagai pencegah untuk pertumbuhan sel kanker, khususnya kanker payudara. Kanker merupakah salah satu penyakit berbahaya yang sangat ditakuti oleh banyak orang. Ada banyak orang yang meninggal akibat penyakit ganas ini.

Penelitian Lebih Lanjut

Pandangan lain diungkapkan oleh Naveed Sattar, seorang profesor di bidang pengobatan metabolik University of Glasgow. Menurutnya, hasil penelitian mengenai manfaat anggur merah tidak langsung bisa diterapkan karena dibutuhkan kehatia-hatian yang cukup tinggi untuk diterapkan mengatasi masalah kesehatan.

“Temuan menunjukkan beberapa senyawa yang disebut fenol harus diselidiki lebih lanjut terkait perannya dalam mencegah bakteri mengikat sel dan infeksi, tetapi ini membutuhkan banyak validasi,” katanya.

Bagi Anda yang tidak memiliki masalah kesehatan serius, jangan ragu untuk mengambil sedikit manfaat dari anggur merah. Akan tetapi, yang paling utama adalah batasan mengonsumsi anggur merah. Bagi laki-laki dewasa tidak melebihi dua gelas sehari. Sedangkan, wanita dewasa diperbolehkan minum anggur merah sebanyak satu gelas per hari.