Benarkah Ada Jenis Vitamin Yang Tidak Perlu Dikonsumsi Setiap Hari?

Vitamin-doktersehat
Photo Credit: Flickr.com/franchise opportunities

DokterSehat.Com– Kita tentu sering mendengar bahwa konsumsi vitamin dan mineral sebaiknya dipenuhi setiap hari. Namun sebenarnya, pada kondisi dan jenis tertentu kita boleh lo tidak mengonsumsi vitamin setiap hari.

Tentu sering Anda mendengar tentang vitamin larut lemak dan larut air, namun tahukah Anda apa bedanya? Perbedaan jenis bahan yang melarutkan vitamin ini dapat memengaruhi bagaimana vitamin tersebut diserap dalam tubuh, hingga memengaruhi perlu tidaknya vitamin tersebut dikonsumsi setiap hari.

Vitamin yang larut air dan lemak memiliki metabolisme dalam tubuh yang berbeda. Pakar gizi Sunita Almatsier dalam bukunya menyebutkan bahwa vitamin larut air akan dikeluarkan setiap hari melalui urin, sedangkan vitamin larut lemak dikeluarkan dalam tubuh melalui empedu.

Hal tersebut menyebabkan vitamin larut air tidak bisa menyimpan kelebihan kebutuhannya dalam tubuh, sehingga jika kita mengonsumsi vitamin larut air berlebihan, maka tubuh akan segera membuangnya melalui urin. Hal ini yang menyebabkan kita perlu mengonsumsi vitamin larut air setiap hari dari bahan makanan harian.

Sedangkan vitamin larut lemak mampu menyimpan kelebihan kebutuhannya dalam tubuh. Jika kita mengonsumsi vitamin larut air berlebihan pada satu hari, maka tubuh akan otomatis menyimpannya untuk kebutuhan vitamin pada hari selanjutnya.

Hal ini yang menyebabkan kita tidak perlu mengonsumsi vitamin larut lemak, dari bahan makanan harian, setiap hari, jika pada hari sebelumnya kita telah mengonsumsi bahan makanan yang tinggi kandungan vitamin larut lemaknya.

Lalu, apa sajakah vitamin larut lemak tersebut? Ada empat jenis vitamin larut lemak yaitu vitamin A, D, E dan K.

Vitamin A ada cukup banyak pada bahan makanan berwarna merah oranye serta hati ayam, sedangkan vitamin D bersumber dari paparan sinar matahari dan ikan, vitamin E dan K dari kacang-kacangan.

Jika Anda sudah mengonsumsi bahan makanan tersebut hingga melewati asupan gizinya sangat melebihi kebutuhan harian Anda, maka konsumsi vitamin tersebut untuk hari selanjutnya tidak perlu lagi ya.