Benarkah Belimbing Mampu Menurunkan Tekanan Darah?

Doktersehat-manfaat-buah-belimbing
Photo Credit: Flickr.com/Paul Jacobson

DokterSehat.Com– Hipertensi atau yang lebih sering dikenal dengan nama penyakit tekanan darah tinggi termasuk dalam masalah kesehatan yang bisa memicu datangnya kematian dini. Hal ini disebabkan oleh dampak dari tekanan darah tinggi yang bisa berlanjut menjadi penyakit jantung, stroke, hingga kerusakan organ-organ dalam tubuh. Karena alasan inilah penderita hipertensi sebaiknya segera menurunkan tekanan darahnya agar bisa kembali normal dan tidak menyebabkan berbagai dampak tersebut.

Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk menurunkan tekanan darah adalah dengan mengonsumsi jus buah, khususnya jus buah belimbing. Sebagaimana kita ketahui, belimbing sudah dikenal luas masyarakat sebagai obat penurun tekanan darah. Hal ini disebabkan oleh tingginya kandungan sehat di dalam buah berbentuk bintang ini.

Belimbing kaya akan kandungan provitamin A, vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin C. Selain itu, terdapat kandungan lain seperti fosfor, kalsium, kalium, zat besi, pektin, serta serat yang bisa membantu menyehatkan pembuluh darah sekaligus menurunkan tekanan darah dengan signifikan.

Selain dikonsumsi secara langsung, kita juga bisa membuatnya menjadi jus yang sehat dan menyegarkan. Hanya saja, pastikan untuk tidak menambahkan bahan-bahan lain yang kurang sehat seperti sirup atau gula ke dalam jus ini karena justru bisa membuat manfaatnya menjadi jauh berkurang.

Selain mengonsumsi belimbing, kita juga harus mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat jika memang ingin menurunkan tekanan darah. Sebagai contoh, ada baiknya kita mulai menurunkan penggunaan garam pada masakan kita. Hal ini disebabkan oleh kemampuan garam dalam membuat tekanan darah meningkat, apalagi jika dikonsumsi dengan berlebihan. Cobalah ganti garam dengan bumbu atau rempah-rempah yang bisa membuat rasa masakan tetap lezat dan tidak hambar. Selain itu, pastikan untuk selalu mengecek label pada makanan kemasan demi memastikan asupan garam tidak berlebihan.

Pastikan pula untuk rajin melakukan olahraga demi membuat sirkulasi darah semakin lancar dan pembuluh darah menjadi semakin sehat. Tak hanya itu, pastikan untuk mengelola stres dengan lebih baik dan tidur dengan cukup setiap malam.