DokterSehat.Com– Belakangan ini, semakin banyak orang yang terbiasa untuk berbelanja secara online. Hal ini disebabkan oleh kemudahan dan kepraktisan yang ditawarkan dengan melakukannya. Cukup dengan membuka ponsel atau laptop, kita sudah bisa membeli benda-benda yang diinginkan. Sayangnya, belakangan ini ada anggapan yang menyebut berbelanja baju secara online bisa saja menyebabkan datangnya kanker.

belanja-online-ponsel-doktersehat

Belanja Baju Online Bisa Sebabkan Kanker

Situs The Sun baru-baru ini mengungkap kemarahan warganet di Inggris yang pernah berbelanja di salah satu situs belanja online di negara tersebut. Situs ini menyediakan pakaian-pakaian yang cantik dengan harga yang terjangkau. Hal ini tentu menarik perhatian banyak pembeli.

Masalahnya adalah kebanyakan orang tidak begitu mempedulikan bahan-bahan apa saja yang dijadikan pakaian. Padahal, bisa jadi bahan yang digunakan sangatlah berbahaya. Sayangnya, hal inilah yang terjadi pada pakaian-pakaian yang dijual situs tersebut.

Salah seorang pelanggan situs ini baru saja membaca keterangan lebih lengkap tentang pakaian yang dijual. Hasilnya adalah, ditemukan fakta bahwa pakaian-pakaian ini bisa saja memiliki bahan yang berpotensi menyebabkan kanker.

Pelanggan ini mengunggah keterangan yang diambil dari situs tersebut yang bertuliskan “Beberapa produk dari toko online kami bisa saja memiliki kandungan kimia yang dianggap oleh Pemerintah Negara Bagian California, Amerika Serikat bisa menyebabkan kanker, gangguan reproduksi, dan lain-lain. Kandungan ini masuk ke dalam daftar bahan kimia yang patut diwaspadai bernama Proportion 65.”

Masalahnya adalah tidak semua situs belanja online menyediakan informasi tentang bahan-bahan pakaian yang digunakan. Selain itu, banyak pelanggan yang tidak begitu memperhatikan dengan detail bahan pakaian yang dibeli. Hal inilah yang dikhawatirkan bisa menyebabkan peningkatan risiko kanker.

Melihat fakta ini, sebaiknya memang kita harus lebih cermat dalam mengecek bahan atau kandungan barang yang kita beli secara online demi mencegah datangnya masalah kesehatan.

Berbagai Hal Pemicu Kanker

Selain berbelanja pakaian secara online, pakar kesehatan menyebut ada beberapa hal lain yang tanpa diduga bisa memicu datangnya kanker. Berikut ini adalah beberapa pemicu kanker:

  1. Hobi Makan dan Minum yang Manis-Manis

Kebiasaan mengonsumsi makanan dan minuman dengan kandungan gula yang tinggi ternyata bisa meningkatkan risiko terkena kanker payudara. Keberadaan gula dalam jumlah tinggi di dalam tubuh bisa memicu peradangan yang berimbas pada peningkatan risiko kanker.

2. Hobi Mengonsumsi Minuman yang Sangat Panas

Minuman hangat memang sangat nikmat, namun minuman yang masih panas bisa membuat lidah dan bibir terbakar. Hal ini juga bisa menyebabkan kanker kerongkongan jika terlalu sering dikonsumsi.

3. Hobi Minum Alkohol

Hobi minum alkohol bisa menyebabkan kekacauan sistem metabolisme, hormon, dan gangguan pencernaan. Hal ini bisa berimbas pada peningkatan risiko terkena kanker seperti kanker hati.

4. Kegemukan

Mengalami masalah kelebihan berat badan atau kegemukan terbukti bisa meningkatkan risiko terkena kanker.

5. Seks Oral

Melakukan seks oral, khususnya yang tidak aman dan berganti-ganti pasangan bisa saja meningkatkan risiko terkena kanker mulut dan kanker tenggorokan.

6. Daging Olahan

Hobi mengonsumsi daging olahan seperti sosis atau nugget bisa saja membuat kita mengalami peningkatan risiko terkena kanker usus besar.

7. Penggunaan Botol Plastik dengan Kandungan BPA

Jika botol minuman atau plastik kemasan makanan memiliki kandungan BPA, maka risiko untuk terkena kanker bisa semakin meningkat. Hal ini disebabkan oleh kandungan BPA bersifat karsinogen atau menyebabkan kanker.

 

Sumber:

  1. Pemberton, Becky. 2019. PRETTY SCARY Horrified shoppers blast PrettyLittleThing after learning some clothes may contain chemicals that can cause cancer and birth defects. thesun.co.uk/fabulous/9995304/shoppers-prettylittlething-clothes-chemicals-cancer-birth-defects/. (Diakses pada 26 September 2019).