Begini Tanda Tubuh yang Kekurangan Sinar Matahari

doktersehat-meditasi-yoga-rileks

DokterSehat.Com– Banyak orang yang tidak menyadari jika mereka cenderung jarang menikmati hangatnya sinar matahari. Padahal, kita sangat membutuhkan sinar matahari setidaknya 5 hingga 15 menit saja dalam sehari demi mendapatkan vitamin D yang sangat baik bagi kesehatan tulang dan persendian. Sayangnya, karena berbagai kesibukan yang memaksa kita harus sudah berangkat sangat pagi dan baru bisa keluar dari tempat kerja di malam hari, kita pun tidak lagi terkena sinar matahari. Jika hal ini terjadi, maka tubuh akan mengalami gejala seperti sebagai berikut.

Mudah sakit
Dengan mendapatkan asupan vitamin D yang cukup, maka sistem kekebalan tubuh akan menjadi lebih kuat dalam melawan berbagai virus dan bakteri penyebab penyakit. Jarang terkena sinar matahari akan membuat sistem kekebalan tubuh mengalami penurunan kekuatan sehingga lebih mudah terkena infeksi pada saluran pernafasan seperti pilek, bronchitis, hingga pneumonia.

Mudah lelah
Sebenarnya, siapa saja mudah mengalami kelelahan, namun, mereka yang jarang terkena sinar matahari akan cenderung mengalami kelelahan yang tak kunjung mereda meskipun sudah mendapatkan waktu tidur yang cukup.

Rasa kantuk berlebihan di siang hari
Sebuah penelitian yang hasilnya dipublikasikan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine berhasil menemukan antara rasa kantuk yang muncul di siang hari dengan rendahnya kadar vitamin D dalam tubuh.

Nyeri pada tulang, persendian, dan otot
Kerap mengalami nyeri pada persendian, tulang, dan otot adalah tanda bahwa tubuh kekurangan asupan vitamin D. Hal ini disebabkan oleh peran besar vitamin D dalam proses penyerapan kalsium dan metabolisme tulang. Mereka yang kekurangan vitamin D juga cenderung mudah mengalami rakhitis, kondisi dimana jaringan tulang tidak benar-benar dimineralisasi dengan baik dan akhirnya mengalami penurunan kekuatan.

Keringat berlebihan
Kerap berkeringat meski jarang berolahraga atau tidak sedang dalam suhu udara yang panas ternyata menandakan kurangnya kadar vitamin D dalam tubuh.

Jika anda mulai mengalami gejala-gejala tersebut, cobalah untuk menata ulang waktu anda di pagi hari demi menikmati hangatnya sinar matahari yang kaya akan vitamin D. Selain itu, menikmati sinar matahari pagi juga bisa menenangkan pikiran dan mengatasi stress.