Begini Lho Cara Menerapkan Pedoman Makan Sehat

doktersehat-promkes-depkes-Makanan-Sehat-Gizi-Seimbang
Photo Credit: Promkes Depkes

DokterSehat.Com– Pedoman makan apa yang paling Anda ingat? Kita dulu sangat mengenal istilah 4 sehat 5 sempurna. Seiring dengan berkembangnya kebutuhan pola hidup yang lebih sehat, pedoman tersebut tidak lagi digunakan. Kini kebanyakan negara, termasuk Indonesia, menggunakan pedoman piramida makanan atau piring sehat.

Beberapa negara di Eropa mengenalkan pola makan sehat dengan piramida mediterania, negara di Amerika cenderung menggunakan My Plate yang mengenalkan makanan sehat dengan pembagian porsi makanan melalui piring, sedangkan di Indonesia menggunakan piramida gizi seimbang.

Meskipun simbol pengenalnnya berbeda-beda, menurut Mayo Clinic, prinsip-prinsip dasar pedoman makan sehat tersebut sebenarnya sama.

Pada piramida makanan sehat, semakin ke atas maka semakin sedikit porsi makanan tersebut boleh kita konsumsi, sedangkan pada piring makanan sehat, semakin sedikit porsi atau bagian dalam piring, maka semakin sedikit pula kita boleh meletakkannya pada piring makan.

Beberapa prinsip yang bisa kita ambil dari berbagai simbol pedoman makanan sehat tersebut adalah:

  1. Mengonsumsi makanan yang berasal dari tanaman (plant based food) lebih banyak

  2. Baik piramida mediterania, My Plate ataupun piramida gizi seimbang, menerapkan porsi sayur buah ataupun karbohidrat utuh dari tanaman (whole grain) lebih banyak dibandingkan dengan golongan makanan lain.

  3. Memilih berbagai jenis sumber protein

  4. Sumber protein yang diutamakan adalah bagian utuh, misalnya, daging segar bagian dagingnya, bukan bagian daging dengan lemak atau jeroan. Selain itu telur dan kacang-kacangan juga menjadi sumber protein yang bisa kita pilih.

  5. Mengontrol porsi makanan

  6. Baik piramida ataupun piring makanan sehat menunjukan seberapa besar porsi atau perbandingan satu golongan makanan dengan yang lainnya. Hal ini dilakukan untuk menekankan bahwa sangat penting bagi kita mengatur porsi asupan makanan berdasarkan jenis dan kandungan gizinya.

  7. Membatasi makanan manis dan asin

  8. Gula, garam dan minyak selalu mendapatkan tempat paling kecil di berbagai pedoman makan sehat, karena kita memang membutuhkannya dalam jumlah yang tidak banyak.

  9. Melakukan aktivitas fisik

  10. Pola makan yang sehat akan semakin baik jika didukung dengan aktivitas fisik yang rutin sehingga tubuh semakin aktif dan bugar.

Penerapan pedoman makanan sehat berfokus pada kelima poin diatas, apapun bentuk pedomannya sebenarnnya itu merupakan simbol yang dibuat bagi kita untuk dapat menerapkan pola makan sehat dengan lebih mudah.

Nah, jadi kini kita sudah mengetahui apa saja prinsip dalam makan sehat, sekarang yuk sama-sama mulai menerapakannya.