Terbit: 1 Mei 2018 | Diperbarui: 30 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tahukah Anda bahwa air putih bisa menjadi salah satu kunci suksesnya diet penurunan berat badan? Ya, air putih dapat mendukung keberhasilan diet penurunan berat badan. Kira-kira bagaimana caranya agar air putih bisa kita manfaatkan untuk diet?

Begini Caranya Memanfaatkan Air Putih Untuk Diet

Seperti yang kita ketahui, air putih merupakan komponen yang penting dalam mempertahankan suhu dan metabolisme tubuh.

Sedangkan pada diet penurunan berat badan, air putih adalah dapat memengaruhi jumlah lemak yang dibakar oleh tubuh. Asupan air putih yang sesuai dengan kebutuhan akan meningkatkan laju metabolik tubuh dan pemakaian energi harian meningkat karena asupan air putih terpenuhi.

Ketiga hal di atas yang menjadi dasar dan alasan air putih menjadi penting dalam penurunan berat badan. Namun ketiga hal di atas tentu akan terjadi jika asupan air putih tubuh terpenuhi.

Umumnya, pada orang dewasa normal, kebutuhan air putih adalah 2 liter atau setara 8 gelas. Sedangkan pada orang dengan berat badan berlebih, kebutuhan tersebut lebih meningkat sesuai dengan kilogram berat badan.

Untuk dapat memanfaatkan air putih dalam menurunkan berat badan, ada dua hal yang bisa kita lakukan, yaitu:

1. Meningkatkan asupan air putih

Penelitian yang dilakukan di United States menunjukkan bahwa dengan meningkatkan konsumsi air putih 1% dari kebutuhan akan dapat menurunkan asupan kalori harian. Hal ini tentu penting agar kita bisa mengontrol asupan kalori dalam tubuh. Meningkatkan kebutuhan 1% air putih bisa dilakukan dengan menambah 1-2 gelas air putih dalam kebutuhan harian.

2. Minum air putih sebelum makan

Air putih memiliki volume yang cukup untuk membuat kita merasa kenyang tanpa harus menambah asupan kalori. Pakar kesehatan dan gizi dari University of Athens Medical School, Nikolaos Kastsilambros, menyebutkan bahwa konsumsi air putih sebelum makan dapat mengisi lambung sehingga akan efektif mengontrol nafsu makan.

Nah, jadi kini perhatikan asupan air putih Anda agar diet bisa lebih sukses, ya.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi