Begini Caranya Agar Pisang Tidak Mudah Menghitam

DokterSehat.Com– Dibalik rasanya yang enak dan tingginya kadar nutrisi yang menyehatkan, buah pisang termasuk dalam buah yang memiliki masa segar yang cukup pendek. Dalam waktu beberapa hari saja, pisang akan mudah menghitam. Namun, apakah kita bisa membuat pisang segar dalam waktu yang lebih lama sehingga tidak mudah menghitam?

Pakar nutrisi berkata bahwa pisang termasuk dalam buah tropis yang tidak tahan dingin. Hal ini berarti, buah pisang sangat tidak cocok untuk disimpan di daalam kulkas. Jika kita meletakkan buah pisang ini di dalam kulkas, kemampuannya untuk menjadi matang secara alami bahkan bisa hilang. Padahal, saat buah pisang menjadi matang inilah kita bisa merasakan sensasi manis, harum, sekaligus lembut saat mengkonsumsinya. Hanya saja, sejak pisang matang inilah rupa kulit dan dagingnya juga akan cepat berubah menjadi semakin cokelat atau menghitam.

Jika kita ingin menyimpan pisang di dalam kulkas, pastikan bahwa pisang sudah mulai memunculkan bintik berwarna kecokelatan yang berarti kandungan karbohidrat di dagingnya sudah mulai berubah menjadi gula. Hanya saja, hal ini juga belum tentu akan menghentikan perubahan warna kulit pisang. Untungnya, meskipun warnanya sudah gelap dan terlihat kurang meyakinkan, sebenarnya pisang yang sudah gelap ini masih bisa dikonsumsi kok. Christina Tosi yang berasal dari Milk Bar Justru menganggap pisang yang sudah mulai menghitam ini sebagai pisang terbaik untuk diolah menjadi makanan.

Agar tidak mudah menghitam, pastikan untuk membelinya saat kondisinya masih hijau. Setelahnya, simpan pisang di suhu ruangan saja hingga pisang matang dengan alami dan nikmat untuk dimakan. Pisang sebaiknya tidak disimpan di dalam kantong atau wadah tertutup agar tidak mudah berubah warna menjadi gelap.