Cegah Penyakit, Begini Cara Mengontrol Tekanan Darah

doktersehat-hipertensi-tekanan-darah-tinggi-jantung-stroke

DokterSehat.Com– Dalam realitanya, kebanyakan masyarakat cenderung menyepelekan tekanan darah dalam tubuhnya. Tak percaya, coba Anda ingat-ingat kapan terakhir kali mengecek tekanan darah tubuh. Pasti sudah sangat lama, bukan?

The New York Times menyebutkan bahwa sebuah penelitian yang dilakukan di Inggris berhasil menemukan cara terbaik untuk mengecek tekanan darah, yakni dengan melakukannya sendiri. Dalam penelitian ini, terdapat 1.003 partisipan dengan masalah hipertensi yang dibagi menjadi tiga kelompok.

Kelompok pertama diminta untuk mengecek tekanan darahnya setiap hari dalam sepekan setiap bulannya dan mengirimkan hasilnya ke dokter selama setahun penuh. Kelompok kedua menggunakan aplikasi di dalam ponsel pintarnya untuk mengecek tekanan darah yang hasilnya bisa dicek langsung oleh dokter melalui internet. Sementara itu, kelompok terakhir diminta untuk melakukan pengecekan rutin ke dokter.

Awalnya, pembacaan tekanan sistolik seluruh pasien berada di angka 153. Setelah 12 bulan, kelompok yang rutin mengecek kesehatan ke dokter mampu menurunkan angka tekanan sistolik hingga ke angka 140. Sementara itu, kelompok lain yang menggunakan aplikasi di ponsel pintarnya dan mengecek tekanan darahnya sendiri mampu menurunkan tekanan darah hingga angka 136 dan 137. Penurunan tekanan darah ini bisa menurunkan risiko terkena stroke hingga 20 persen dan penyakit arteri koroner hingga 10 persen.

Penelitian yang kemudian dipulikasikan oleh jurnal berjudul Lancet ini menghasilkan fakta bahwa sering mengecek tekanan darah sendiri bisa membuat tekanan darah tubuh lebih terkontrol. Dr. Richard McManus, pakar kesehatan dari University of Oxford, berkata bahwa dengan rutin mengecek tekanan darah, maka risiko untuk terkena stroke bisa ditekan dengan signifikan.

Dimana Sobat Sehat biasanya mengecek tekanan darah? Di apotek, puskesmas, atau malah punya alat pengukur tekanan darah sendiri di rumah?