Terbit: 3 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Musik bukan hanya dikenal sebagai hiburan, namun juga dapat mencerdaskan anak. Sudah banyak penelitian yang mengaitkan antara musik dan kecerdasan anak. Namun Anda mungkin penasaran, bagaimana musik dapat meningkatkan kecerdasan anak?

Begini Cara Musik Memengaruhi Kecerdasan Otak Anak

Bagaimana musik dapat meningkatkan kecerdasan anak

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh para peneliti Universitas Vermont, anak-anak yang bermain biola atau belajar piano memiliki kemampuan kognitif yang baik. Umumnya mereka memiliki konsentrasi dan kontrol emosi yang lebih baik dibanding anak-anak yang tidak bermain alat musik.

James Hudziak, MD, profesor psikiatri dan direktur Vermont Center for Children, Youth and Families beserta beberapa rekannya melakukan penelitian untuk mencari hubungan antara memainkan alat musik dan perkembangan otak. Penelitian ini kemudian menganalisis hasil pemindaian otak dari 232 anak-anak usia 6-18 tahun.

Hudziak dan timnya berangkat dari kondisi bahwa semakin anak dewasa, korteks atau lapisan luar otak akan berubah semakin tebal. Dalam penelitian sebelumnya ditemukan bahwa korteks yang mengalami penebalan atau penipisan dapat mencerminkan kecemasan, masalah perhatian, agresi dan masalah perilaku. Dengan dasar tersebut, Hudziak ingin mengamati apakah musik dapat memengaruhi indikator yang terdapat di dalam korteks tersebut.

Hasilnya, permainan musik dapat mengubah area motorik otak karena kegiatan ini membutuhkan kontrol dan koordinasi gerakan. Musik juga dapat memengaruhi perubahan komponen yang mengatur area otak.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

“Musik dapat memengaruhi ketebalan korteks yang berhubungan dengan fungsi eksekutif termasuk kerja memori. kontrol emosi, serta mengorganisasi dan perencanaan untuk masa depan,” jelas Hudziak seperti dilansir Science Daily. Ia pun menambahkan bahwa mengajarkan anak bermain biola memiliki efek yang lebih baik untuk mengatasi perilaku anak daripada obat-obatan.

Bagaimana pendapat Anda Mom, berminat mengajarkan alat musik pada anak Anda?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi