Begini Cara Minum Kopi yang Benar dan Baik untuk Metabolisme Tubuh

minum-kopi-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Kopi adalah salah satu jenis minuman yang menjadi ciri khas dari Indonesia. Bagaimana tidak, hampir seluruh daerah di Tanah Air memiiki koi khas masing-masing. Selain itu, hampir dari 80 persen warga Indonesia sangat gemar mengonsumsi kopi sehingga bisa dikatakan bahwa kopi merupakan salah satu minuman terpopuler yang dikonsumsi setiap hari.

Namun, walaupun memiliki rasa yang nikmat dan digemari oleh banyak orang, minuman yang satu ini terbilang cukup keras efeknya jika dikonsumsi dengan cara yang salah atau berlebihan. Banyak pakar medis yang mengatakan bahwa kopi mengandung kafein tinggi sehingga bisa mengganggu tekanan darah serta kerja jantung seseorang.

Tapi, Anda tak perlu khawatir dengan hal tersebut. Kopi memang cukup berbahaya untuk jantung dan tekanan darah jika dikonsumsi secara berlebihan. Namun jika dikonsumsi dengan cara yang tepat dan takaran yang pas, minuman ini memiliki manfaat baik, salah satunya adalah melancarkan metabolisme tubuh Anda.

Dilansir dari laman TheExpress, ada beberapa manfaat kopi yang jarang diketahui oleh orang, diantaranya membantu dalam meningkatkan metabolisme tubuh. Hal itu didapatkan karena kopi bisa merangsang thermogenesis sehingga lemak pada tubuh akan lebih banyak terbakar. Adapun cara meminumnya adalah dengan takaran yang pas, yakni secangkir kopi di pagi hari.

Perlu diingat, sebelum meminum kopi, pastikan terlebih dahulu agar Anda mengisi perut dengan makanan inti seperti nasi ataupun roti. Cara minumnya pun tidak boleh langsung diteguk sampai habis, tapi harus perlahan dan sedikit demi sedikit.

Dalam studi lain yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology, menyebutkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi kopi di pagi hari lebih rendah risiko terkena obesitas. Namun perlu diingat, kopi yang dikonsumsi adalah kopi hitam atau kopi murni, bukan kopi yang dicampuri dengan bahan lainnya.

Nah, itu dia cara mengonsumsi kopi yang baik dan benar sehingga aman dan memberikan efek positif bagi tubuh Anda.