Terbit: 22 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Sayuran kaya akan vitamin dan nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Untuk itu, hampir setiap orang menyukai sayuran, baik dengan cara diolah menjadi masakan yang lezat, maupun di konsumsi saat masih mentah seperti salad.

Begini Cara Mengonsumsi Sayuran Mentah yang Benar!

Photo Credit : pexels.com

Sayuran yang dikonsumsi saat masih mentah memang dianggap lebih sehat karena kandungan vitamin dan nutrisinya tidak berubah dibanding dengan sayuran yang telah dimasak. Cara mudah untuk mengomsumsi sayuran mentah adalah dengan cara diolah menjadi salad, meskipun masih berupa sayuran mentah namun rasanya masih cukup nikmat.

Akan tetapi, jika Anda tidak bisa megolah salad sendiri di rumah, mau tidak mau Anda harus membelinya di sebuah restoran atau swalayan yang tentu saja harganya cukup mahal. Dengan harga yang cukup mahal tersebut akhirnya membuat Anda mengurungkan niat untuk membelinya. Lantas, adakah cara lain yang bisa dilakukan untuk dapat mengonsumsi sayuran mentah namun dengan rasa yang nikmat seperti salad?

Tentu saja ada cara lain, yakni dengan mengonsumsi lalapan. Anda mungkin sudah pernah atau bahkan sudah sering mengonsumsi lalapan. Di samping harganya terjangkau, lalapan bisa Anda buat sendiri dirumah.  Manfaat lalapan juga tidak kalah dengan salad.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Seperti yang telah dijelaskan di atas bahwa sayuran mentah dianggap lebih sehat daripada sayuran yang telah dimasak. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang dilakukan di Selandia Baru yang menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran dalam kondisi mentah memiliki keterkaitan dengan kesehatan mental yang lebih baik dibandingkan dengan buah atau sayuran dalam kondisi yang telah dimasak.

Meskipun sayuran yang telah dimasak memiliki rasa yang cukup lezat, serta mudah dikunyah dan meningkatkan antioksidan, nyatanya masih berdampak negatif pada tingkat gizi. Memasak sayuran dapat mengurangi kadar vitamin C serta menghancurkan enzim yang bermanfaat. Selain itu, lama waktu memasak juga menjadi acuan banyaknya nutrisi pada sayuran yang terbuang saat dalam proses pengolahan.

Oleh sebab itu, akan lebih baik jika mengonsumsi sayuran dalam kondisi masih mentah dengan dijadikan salad, atau jika Anda tidak mempunyai cukup biaya untuk membelinya, Anda bisa mengonsumsi lalapan. Jika Anda ingin memasak sayuran, sebaiknya perhatikan lama waktu Anda memasaknya agar vitamin dan nutrisinya tidak terbuang secara percuma.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi