10 Cara Mengobati Ambeien dengan Alami

ambeien-doktersehat_1108356029

DokterSehat.Com– Ambeien adalah pembengkakan urat di anus dan rektum bawah, mirip dengan varises. Ambeien memiliki sejumlah penyebab, meskipun seringkali penyebabnya tidak diketahui, namun ada banyak cara mengobati ambeien.

Ambeien mungkin hasil dari mengejan saat buang air besar (BAB) atau dari tekanan yang meningkat pada pembuluh darah ini pada ibu hamil. Ambeien dapat ditemukan di dalam rektum (embeien internal), atau mereka dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus (embeien eksternal).

Biasanya, Ambeien juga disebabkan karena terbiasa duduk dalam waktu yang lama. Adanya pembengkakan pembuluh darah pada anus yang disebabkan oleh penyakit ini tentu akan membuat rasa tidak nyaman, apalagi jika ambeien sampai berdarah saat buang air besar.

Cara Mengatasi Ambeien

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi ambeien dengan menggunakan bahan alami.

1. Bawang putih

Bawang putih kaya akan kandungan vitamin C, zat besi, kalsium, sulfida alili, serat, allicin, dan kandungan baik lainnya. Kandungan allicin-lah yang bisa berperan sebagai antibakteri dan antioksidan yang mampu mengobati ambeien dengan efektif.

Untuk menggunakannya, kita hanya perlu menumbuk halus 2 siung bawang putih. Setelahnya, oleskan bawang putih ini pada area ambeien di sekitar anus. Kita juga bisa mengonsumsi jus bawang putih setiap hari agar ambeien semakin kempis.

2. Kulit manggis

Kulit manggis berkhasiat sebagai antioksidan, antiperadangan, dan antibakteri. Kandungan alfa-mangistin dan gamma-mangostin pada bahan alami ini bisa menurunkan peradangan pada ambeien. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu meminum air rebusan kulit manggis yang sudah dikeringan terlebih dahulu secara rutin.

3. Daun sirsak

Kita hanya perlu merebus daun sirsak dan meminumnya secara teratur jika ingin mengatasi ambeien dengan efektif. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu merebus 5 lembar daun sirsak dan 2 gelas air. Rebus hingga airnya hanya tersisa separuh dan minumlah secara rutin pada pagi dan malam hari.

4. Lidah buaya

Lidah buaya bisa berperan sebagai antioksidan dan detoksifikasi alami tubuh. Manfaat ini disebut-sebut sebagai cara mengatasi ambeien dengan alami. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu membuat lidah buaya ini menjadi jus dan meminumnya secara rutin setiap hari.

5. Akar kangkung

Jika daunnya kerap kita jadikan sayuran, maka akar kangkung yang kaya akan kandungan vitamin, protein, kalsium, fosfor, dan zat besi ini bisa kita jadikan obat ambeien. Setelah batang dan akar kangkung dibersihkan, kita hanya merebusnya dengan 2 gelas air. Jika air yang tersisa separuh, minumlah secara rutin setiap hari.

6. Mandi air hangat dengan garam epsom

Mandi air hangat dapat merupakan salah satu cara menyembuhkan ambeien dan membantu menenangkan iritasi. Mandilah dengan air hangat atau berendam dalam air hangat dalam bathtub (bak mandi).

Menurut Harvard Health, setelah mandi air hangat selama 20 menit, gerakan usus akan menjadi paling efektif. Menambahkan garam Epsom dalam air hangat saat mandi dapat memberikan bantuan lebih lanjut dengan mengurangi rasa sakit ambeien.

7. Kompres dingin

Kompres es atau kompres dingin ke anus untuk menghilangkan bengkak selama 15 menit sekali. Untuk ambeien yang parah dan menyakitkan, ini bisa menjadi pengobatan yang sangat efektif. Selalu bungkus es di dalam kain atau handuk kertas, dan jangan pernah menerapkan sesuatu yang membeku langsung ke kulit.

8. Pakai celana longgar atau pakaian katun

Cara menghilangkan ambeien dengan menghindari mengunakan celana ketat yang dibuat dengan poliester dengan kapas ultra-bernapas (terutama pakaian katun), celana dengan jenis bahan ini dapat membantu menjaga area anal tetap bersih dan kering. Ini berpotensi mengurangi gejala ambeien. Hindari menggunakan deterjen atau pelunak kain untuk mengurangi iritasi pada ambeien.

9. Konsumsi makanan tinggi serat

Untuk mengobati ambeien, penting agar Anda menghindari sembelit dan tinja keras, yang perlu Anda lakukan adalah mengonsumsi banyak makanan berserat tinggi agar feses menjadi lunak. Cara menghilangkan ambeien, adalah mengonsumsi serat sebanyak 30–35 gram setiap hari. Makan makanan seperti alpukat, buah beri, buah ara, kubis Brussel, biji labu, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dalam studi klinis, diet serat tinggi mengurangi risiko gejala menetap dan pendarahan sekitar 50 persen.

10. Minum banyak air

Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit karena air atau cairan diperlukan untuk serat berjalan lancar melalui saluran pencernaan. Banyak penelitian, termasuk yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan bahwa kehilangan cairan dan kekurangan cairan dapat meningkatkan sembelit, yang dapat memperburuk gejala ambeien. Untuk meredakan sembelit dan sebagai cara untuk mengatasi ambeien, minum setidaknya satu gelas air setiap kali makan atau saat ngemil.