DokterSehat.Com– Ambeien adalah pembengkakan pembuluh darah di anus dan rektum bawah, kondisi ini mirip dengan varises. Penyebab ambeien beragam, begitu juga dengan cara mengatasinya. Terdapat cara mengobati ambeien secara alami dan juga medis.

cara-mengobati-ambeien-secara-alami-doktersehat

Ambeien dapat ditemukan di dalam rektum (ambeien internal), atau mereka dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus (ambeien eksternal). Beberapa penyebab ambeien adalah seperti:

  • Mengejan terlalu keras saat buang air besar (BAB)
  • Tekanan yang meningkat pada pembuluh darah (penyebab ambeien pada ibu hamil)
  • Duduk dalam waktu yang lama
  • Diare atau sembelit kronis
  • Hubungan seksual anal
  • Konsumsi makanan rendah serat
  • Sering mengangkat beban berat

Adanya pembengkakan pembuluh darah pada anus yang disebabkan oleh penyakit ini tentu akan membuat rasa tidak nyaman, apalagi jika ambeien sampai berdarah saat buang air besar.

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Ambeien dapat diobati dengan jalan operasi. Namun sebelum tindakan operasi diambil, pasien biasanya lebih dulu memilih penggunaan obat atau cara alami untuk mengatasi wasir. Cara menyembuhkan ambeien secara alami dapat dilakukan dengan menggunakan bahan alami atau dengan perubahan gaya hidup.

Berikut ini adalah beberapa cara mengobati ambeien secara alami tanpa menggunakan operasi yang bisa dicoba di rumah!

1. Bawang Putih

Bawang putih kaya akan kandungan vitamin C, zat besi, kalsium, sulfida alili, serat, allicin, dan kandungan baik lainnya.

Kandungan allicin dalam bawang putih yang bisa berperan sebagai antibakteri dan antioksidan yang dipercaya dapat mengatasi gejala ambeien dengan efektif.

Cara menggunakan bawang putih sebagai obat ambeien adalah dengan menumbuk halus 2 siung bawang putih. Setelahnya, oleskan bawang putih ini pada area ambeien di sekitar anus. Anda juga bisa memasukkan 1 siung bawang putih ke dalam rektum pada malam hari dan bawang akan keluar dari rektum ketika Anda buang air besar.

Kita juga bisa mengonsumsi jus bawang putih setiap hari untuk meredakan gejala ambeien. Namun penggunaan bawang putih langsung pada rektum dan anus tidak disarankan jika Anda memiliki ambeien berdarah.

2. Lidah Buaya

Cara mengobati ambeien tanpa operasi yang kedua adalah dengan menggunakan bahan alami lidah buaya.

Lidah buaya memiliki sifat antiinflamasi sehingga dapat membantu mengurangi iritasi. Penggunaan gel lidah buaya sebagai obat topikal untuk ambeien relatif aman, meskipun belum terdapat bukti ilmiah yang membuktikan efektivitas lidah buaya untuk wasir.

Gel lidah buaya yang dapat digunakan adalah gel lidah buaya alami, bukan produk gel lidah buaya yang ada di pasaran. Sebelum menggunakannya, Anda juga harus lebih dulu memastikan bahwa Anda tidak memiliki alergi terhadap lidah buaya.

3. Witch Hazel

Witch hazel adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya adalah dapat mengatasi wasir.

Witch hazel memiliki sifat antiinflamasi, sehingga dipercaya dapat membantu mengatasi peradangan wasir. Herbal satu ini biasanya tersedia dalam bentuk cair dan dapat diaplikasikan secara langsung pada wasir eksternal.

4. Mandi Air Hangat dengan Garam Epsom

Mandi air hangat dapat merupakan salah satu cara mengobati ambeien secara alami.

Cara ini dapat membantu meredakan iritasi akibat wasir. Mandilah dengan air hangat atau berendam dalam air hangat dalam bathtub (bak mandi).

Menurut Harvard Health, mandi air hangat selama 20 menit setelah , gerakan usus akan menjadi paling efektif. Menambahkan garam Epsom dalam air hangat saat mandi dapat membantu mengurangi rasa sakit akibat ambeien.

5. Minyak Kelapa

Bahan alami selanjutnya yang dapat membantu meredakan wasir adalah minyak kelapa.

Minyak kelapa dapat melembapkan dan dapat membantu meredakan iritasi dan pembengkakan akibat wasir. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membantu meredakan rasa gatal sehingga dapat menurunkan keinginan untuk menggaruk.

6. Kompres Dingin

Cara mengobati ambeien secara alami selanjutnya adalah dengan menggunakan kompres dingin.

Kompres es dapat membantu meringankan rasa sakit dan pembengkakan pada wasir. Anda dapat mengompres anus menggunakan es selama 15 menit ketika Anda merasakan sakit. Jangan langsung mengaplikasikan es ke kulit, tapi gunakan handuk yang cukup tebal untuk membungkus es.

7. Pelunak Feses

Cara mengatasi wasir selanjutnya adalah dengan menggunakan pelunak feses yang dapat membantu mengurangi sembelit.

Sembelit adalah salah satu penyebab wasir yang paling umum, sehingga mengatasi sembelit dapat membantu mengurangi gejala wasir. Ada banyak jenis pelunak feses alami yang dapat Anda coba, salah satunya adalah suplemen serat seperti psyllium.

8. Konsumsi Makanan Tinggi Serat

Konsumsi makanan tinggi serat juga dapat menjadi salah satu cara mengobati wasir tanpa operasi.

Sama seperti menggunakan pelunak feses, konsumsi makanan tinggi serat juga dapat membantu mengatasi sembelit. Konsumsi serat yang disarankan adalah 30–35 gram setiap hari.

Sumber makanan berserat yang disarankan adalah seperti alpukat, buah beri, buah ara, biji labu, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Dalam studi klinis, diet serat tinggi mengurangi risiko gejala menetap dan pendarahan sekitar 50 persen.

 9. Minum Banyak Air

Dehidrasi dapat menyebabkan sembelit karena air atau cairan diperlukan untuk serat berjalan lancar melalui saluran pencernaan.

Banyak penelitian, termasuk yang diterbitkan dalam European Journal of Clinical Nutrition, menunjukkan bahwa kehilangan cairan dan kekurangan cairan dapat meningkatkan sembelit, yang dapat memperburuk gejala ambeien.

Menjaga kebutuhan cairan dan mencegah dehidrasi dapat menurunkan risiko sembelit dan membantu menurunkan gejala wasir.

10. Memperbaiki Kebiasaan Buang Air Besar

Memperbaiki kebiasaan buang air besar juga merupakan hal yang penting diperhatikan jika Anda ingin menyembuhkan wasir tanpa operasi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, mengejan terlalu keras dapat menyebabkan ambeien, maka dari itu kebiasaan ini sebaiknya dihindari. Selain itu, menahan buang air besar juga tidak baik untuk wasir dan dapat memperburuk gejala, sehingga sebaiknya Anda segera pergi ke kamar mandi selagi tubuh Anda memberikan sinyal.

Tips Meredakan Gejala Ambeien

Jika Anda memiliki ambeien, berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan agar gejala tidak memburuk:

  • Gunakan bantal pendukung untuk duduk agar lebih nyaman
  • Hindari penggunaan celana yang ketat agar area anus tetap kering dan tidak lembap
  • Hindari penggunaan tisu basah, terutama yang mengandung pewangi
  • Hindari penggunaan sabun untuk mencuci anus ketika wasir kambuh

Itu dia beberapa cara mengobati ambeien secara alami. Cara alami yang dibarengi dengan perubahan gaya hidup dapat mencegah ambeien kambuh dan menimbulkan gejala. Namun perlu diketahui bahwa cara alami tidak dapat menyembuhkan ambeien secara total dan hanya dapat menurunkan gejalanya saja.

Jika Anda tidak ingin ambeien kambuh, maka Anda harus terus menerapkan pola hidup sehat dan menghindari berbagai faktor risiko penyebab ambeien.

 

Informasi kesehatan ini telah ditinjau oleh dr. Jati Satriyo.

 

Sumber:

  1. Canaan, Amber. How to Use Garlic for Hemorrhoids. https://www.livestrong.com/article/354214-how-to-use-garlic-for-hemorrhoids/. (Diakses 2 Desember 2019).
  2. Gotter, Ana. 2017. 8 Home Remedies for Hemorrhoids. https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-hemorrhoids. (Diakses 2 Desember 2019).
  3. Johnson, Jon. 2017. Six home remedies for hemorrhoids. https://www.medicalnewstoday.com/articles/317114.php. (Diakses 2 Desember 2019).
  4. Mayo Clinic. 2019. Hemorrhoids. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/hemorrhoids/symptoms-causes/syc-20360268. (Diakses 2 Desember 2019).