Terbit: 3 Mei 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diabetes adalah penyakit yang ditakuti setiap orang, bahkan syok jika Anda didiagnosis mengidap penyakit ini. Perlu Anda ketahui, jumlah penderita diabetes di seluruh dunia telah melebihi 500 juta orang! situasi ini diperburuk dengan gaya hidup modern, untuk itu bagi Anda pengidap diabetes perlu penanganan setiap hari secara rutin, agar penyakit ini tidak memburuk.

Begini Cara Menangani Diabetes dalam 10 Menit

Berikut yang bisa Anda lakukan secara mandiri setiap hari hanya dalam waktu 10 menit, seperti melansir dari eMedicineHealth:

1. Memeriksa tubuh dengan cepat di rumah

Setelah mandi, periksa tubuh Anda dari ujung kepala sampai ujung kaki setiap hari. Carilah luka, lecet, dan kuku kaki yang tumbuh ke dalam. Jangan lupa beberapa area di mana kelembapan bisa bersembunyi dan kuman bisa tumbuh. Periksa di bawah lengan dan payudara Anda, dan di antara kaki Anda. Perhatikan lebih dekat pada kaki Anda. Gunakan cermin untuk membantu Anda melihat area badan Anda yang sulit dijangkau penglihatan. Jika Anda memiliki luka atau goresan, tangani dengan cepat. Selain itu, luangkan waktu untuk melembabkan kulit kering.

2. Letakkan sepatu atau sandal Anda di dekat pintu

Buat menjadi mudah untuk menyimpannya, jadi Anda tidak tergoda untuk pergi keluar dengan bertelanjang kaki. Pastikan sandal atau sepatu rumah Anda juga berguna. Bahkan di dalam ruangan, Anda perlu melindungi kaki. Sebelum Anda memakai sepatu, periksa untuk memastikan tidak ada apa pun di dalamnya yang tidak Anda duga, seperti kerikil yang dapat menyentuh kulit. Anda juga dapat mengganti sepatu di siang hari untuk meredakan titik-titik tekanan di kaki Anda.

3. Siapkan makanan ringan darurat

Taruh beberapa tablet glukosa, atau lima atau enam potong permen, ke dalam tas Anda. Selalu bawa sedikit ketika Anda pergi keluar jika Anda mendapat gula darah rendah, juga disebut hipoglikemia. Ketika gula darah turun di bawah 70 mg/dL, Anda bisa merasakan pusing, lapar, atau goyah. Itu bisa terjadi ketika Anda telat makan, minum obat diabetes terlalu banyak, atau berolahraga lebih keras dari biasanya tanpa makan.

4. Periksa gula darah Anda

Dokter Anda akan memberi tahu seberapa sering Anda harus menguji berdasarkan penyakit Anda, perawatan, dan hal-hal lain. Jika dia memberitahu Anda untuk memeriksa hal pertama di pagi hari, letakkan monitor glukosa Anda di meja sebagai pengingat.

Ketika Anda bangun, gula darah Anda harus berada di antara 80 mg/dL dan 130 mg/dL. Dalam satu atau dua jam setelah Anda memulai makan, target Anda harus kurang dari 180 mg/dL.

5. Taruh label di tas gym Anda

Apakah dokter mengatakan Anda harus memeriksa gula darah Anda ketika Anda berolahraga? Buat pengingat untuk diri sendiri. Untuk mengetahui bagaimana latihan memengaruhi level Anda, ujilah sebelum dan sesudah Anda berolahraga. Pemeriksaan ini dapat mempermudah untuk menghindari penurunan yang berbahaya.

6. Jadikan insulin bekerja untuk haya hidup Anda

Biarkan dokter tahu jika Anda selalu bepergian dan Anda tidak makan pada waktu yang teratur. Dia dapat merekomendasikan insulin kerja cepat atau pompa insulin yang menghasilkan insulin kerja cepat. Biasanya mulai memengaruhi gula darah Anda dalam 5 hingga 15 menit. Itu bisa mempermudah segalanya. Anda dapat mengambil insulin semacam ini tepat sebelum Anda makan. Atau Anda dapat menyesuaikan pompa sebelum makan atau berolahraga.

7. Tingkatkan diet Anda

Tulis daftar 10 makanan super dari American Diabetes Association. Makanan ini memiliki indeks glikemik rendah, yang berarti mereka cenderung memengaruhi gula darah Anda daripada roti atau makanan lainnya. Tempel daftar itu di kulkas Anda sehingga Anda melihatnya ketika Anda membuat daftar belanjaan, merencanakan makanan, atau mencari di kulkas untuk makan.

8. Cukup minum air

Gula darah tinggi menyebabkan tubuh Anda kehilangan cairan, dan kulit Anda bisa kering. Minum banyak air dan cairan lain untuk membantu kulit Anda tetap lentur dan sehat.

9. Latihan singkat

Sangat penting untuk berolahraga setidaknya 30 menit sehari untuk membantu mengelola diabetes Anda. Terlalu sibuk? lakukanlah olahraga singkat. Coba 10 menit latihan kekuatan di pagi hari. Mainkan game aktif bersama keluarga di siang hari, atau berjalan-jalan sebelum makan siang. Kemudian, berjalan-jalan di malam hari. Beraktivitas bersama ini dapat membantu meningkatkan kontrol gula darah Anda dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

10. Siapkan perangkat pertolongan pertama

Diabetes dapat mengubah cedera ringan menjadi masalah besar. Luangkan beberapa menit untuk menyiapkan perangkat ini:

  • Hidrogen peroksida untuk membersihkan luka
  • Tiga Kkrim antibiotik untuk luka dan goresan
  • Kasa steril untuk menutupi luka

Jika Anda memiliki masalah sirkulasi atau masalah saraf terkait diabetes (neuropati perifer), Anda mungkin perlu mendapat penanganan dokter atau pusat perawatan luka. Ingat atau simpan nomor telepon mereka dengan mudah.

11. Kenakan perhiasan siaga medis Anda

Letakkan gelang atau liontin peringatan medis di dekat jam tangan, cincin, atau perhiasan lainnya yang Anda kenakan setiap hari. Ini dapat membantu Anda mengingat untuk memakainya. Atau simpan pada satu set kunci Anda. Sangat pintar memakainya untuk memberi tahu orang-orang bahwa Anda menderita diabetes, jika Anda memerlukan perawatan medis darurat.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi