Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Siapa sih yang tidak tergoda untuk mengonsumsi menu ayam atau ikan dengan lalapan dan sambal, sembari ditemani minuman dingin di siang hari yang panas? Tidak hanya di siang hari, menu lalapan juga cocok dikonsumsi saat malam hari yang kerap disajikan di warung tenda. Kira-kira, bagaimana sih cara memilih menu lalapan yang sehat?

Begini Cara Memilih Menu Lalapan yang Sehat

Menu lalapan ternyata tidak hanya enak namun juga bergizi lengkap karena terdiri dari karbohidrat, protein serta sayur menjadikannya makanan sehat yang mudah diperoleh.

Agar manfaatnya maksimal, yuk ketahui bagaimana cara memilih menu lalapan yang sehat dibawah ini:

1. Pilih lauk hewani dengan metode dibakar

Saat membeli atau membuat lalapan, metode masak yang rendah lemak lebih dianjurkan ya. Lauk hewani yang diolah dengan metode bakar kini kerap ditawarkan di berbagai tempat makan sebagai variasi menu yang bisa kita pilih. Dengan memilih metode masak bakar, maka menu lalapan tidak hanya nikmat namun juga lebih sehat, kan?

2. Perbanyak porsi sayur lalapan

Jika biasanya sayur dalam lalapan tidak disajikan dalam jumlah banyak. Maka kini selalu sediakan atau tambah porsi sayur saat memesan menu lalapan. Seperti yang kita ketahui, konsumsi sayur dianjurkan di setiap waktu makan untuk memenuhi kebutuhan serat harian.

Usahakan mengonsumsi sayur berdaun, kubis atau selada, sebanyak 3-4 sendok sayur, serta kacang panjang atau timun sebanyak 1-2 sendok sayur atau 3-4 potong besar untuk porsi orang dewasa dalam satu kali makan lalapan. Batasi konsumsi sayur lalapan yang disajikan dengan metode goreng, misalnya terong goreng.

3. Lengkapi dengan protein nabati dan buah

Menu lalapan umumnya hanya menyajikan menu tunggal misalnya daging hewani saja. Untuk itu tambahkan olahan dari protein nabati misalnya, tempe atau tahu, agar asupan protein semakin lengkap. Sama seperti lauk hewani, usahakan lauk protein nabatinya juga tidak digoreng ya.

Menambahkan buah dalam menu lalapan juga bisa dilakukan misalnya dengan menambahkan tomat sebagai lalapan atau memesan jus jeruk atau jus tomat rendah gula sebagai pilihan minuman.

Nah, itu dia tips sehat untuk memilih menu lalapan, kini Anda bisa menikmati menu lalapan kesukaan dengan lebih sehat, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi