Begini Cara Membersihkan Pusar yang Mudah dan Efektif

doktersehat-selulit-perut-buncit-sindrom-cushing

DokterSehat.Com– Salah satu bagian tubuh yang cenderung jarang kita bersihkan adalah pusar. Bahkan, cukup banyak orang yang sengaja membiarkan pusarnya kotor hingga memutih karena percaya jika membersihkannya justru akan membuat bagian pusar terasa sakit atau kurang nyaman. Padahal, menurut pakar kesehatan, mitos ini sama sekali tidak benar adanya. Jika sampai kotoran di dalam pusar kita semakin menumpuk, maka pusar pun akan menjadi lebih bau atau bahkan mengalami infeksi.

Untuk membersihkan pusar, ada baiknya kita tidak hanya menggosoknya begitu saja, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk membersihkan pusar dengan efektif, seperti yang dicontohkan oleh pakar kesehatan kulit bernama Dr. Sejal Shah ini.

Memakai kain katun
Bahan pertama yang perlu kita persiapkan untuk membersihkan pusar adalah kain katun. Basahi kain katun dengan campuran air sabun atau air biasa. Setelahnya gosok kain katun ini dengan sedikit alkohol pada bagian pusar kita. Jika Anda tidak memiliki alkohol atau kain katun bersih, Anda juga bisa memakai cotton bud yang sudah dibasahi dengan air hangat. Pastikan bahwa kain atau cotton bud tidak berada dalam kondisi yang terlalu basah agar pusar juga lebih mudah untuk dibersihkan.

Memakai minyak kelapa hangat
Jika kotoran pada pusar terlihat sudah sangat tebal dan membandel, gunakanlah minyak kelapa yang sudah dihangatkan untuk menghilangkannya. Minyak memang memiliki kemampuan untuk menghilangkan kotoran dengan efektif. Cara untuk memakainya juga mudah, yakni hanya dengan mengoleskan minyak hangat ini pada pusar dan gosok-gosokkan searah jarum jam, lalu gosokkan dengan arah sebaliknya.

Jika sampai pusar sudah mengalami infeksi, ada baiknya segera periksakan kondisi ini ke dokter agar bisa segera disembuhkan.