Terbit: 30 April 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Diabetes adalah penyakit yang menakutkan ketika begitu Anda didiagnosis. Yang terburuk adalah, jumlah orang yang menderita di seluruh dunia telah melampaui 500 juta orang! Mengingat semua fakta menakutkan ini, dan tingkat di mana gaya hidup modern membuat situasi ini semakin memburuk, perlu diketahui segala yang dapat Anda lakukan tentang kondisi ini jika Anda akhirnya didiagnosis atau menderita diabetes. Jadi, berikut yang diabetes lakukan pada tubuh Anda, seperti melansir Boldsky:

Begini Cara Diabetes Merusak Tubuh Anda

1. Diabetes merusak pembuluh darah

Gula darah tinggi diketahui dapat merusak elastisitas pembuluh darah Anda, menyebabkan mereka menyempit dan menjadi lebih sempit dari waktu ke waktu. Hal ini dapat menyebabkan komplikasi makrovaskular, seperti serangan jantung atau stroke, atau komplikasi mikrovaskuler, seperti kerusakan organ. Bahkan, risiko kematian karena stroke atau penyakit jantung diketahui meningkat hingga empat kali lipat pada mereka yang menderita diabetes.

2. Diabetes merusak saraf

Karena sirkulasi darah yang buruk, selama bertahun-tahun – terkadang 20 tahun setelah diagnosis – penderita diabetes mengalami kerusakan saraf (neuropati). Area yang paling umum untuk ini adalah di jari-jari kaki, tangan, dan kaki, dan menimbulkan mati rasa di daerah dan peningkatan insiden cedera karena desensitisasi.

3. Diabetes menyebabkan gagal ginjal

Menurut sebuah konsensus oleh American Diabetes Association, 44 persen dari semua kegagalan ginjal yang dilaporkan di Amerika Serikat pada tahun 2011 adalah karena komplikasi mikrovaskuler diabetes. Ini karena ketika pembuluh darah di ginjal Anda rusak, ginjal Anda gagal menyaring bahan limbah secara efisien. Hal ini menyebabkan pembentukan materi toksik di dalam ginjal, akhirnya mengakibatkan gagal ginjal.

4. Diabetes menyebabkan kebutaan

Retinopati diabetik mungkin bukan penyebab utama kebutaan di seluruh dunia, tetapi ini adalah penyebab besar ketika Anda menderita diabetes karena kerusakan mikrovaskuler dapat menyebabkan pembengkakan dan pelepasan dari berbagai lapisan retina. Sayanya, tidak ada obat untuk kebutaan yang disebabkan oleh retinopati diabetik.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

5. Diabetes menyebabkan gastroparesis

Gastroparesis adalah kondisi di mana gerakan alami makanan di saluran pencernaan Anda melambat. Ini adalah salah satu komplikasi jangka panjang diabetes yang paling umum dan disebabkan oleh kerusakan saraf. Gejala masalah ini termasuk mual, kembung, refluks asam, dan nyeri perut.

6. Diabetes memengaruhi kehidupan seks

Komplikasi mikrovaskular dan neurologis diabetes diketahui menyebabkan disfungsi seksual, terutama pada pria yang memiliki risiko tiga kali lebih besar mengalami impotensi. Pada wanita, dapat menyebabkan kekeringan vagina, dorongan seksual rendah, dan hubungan seksual yang menyakitkan.

7. Diabetes merusak penyembuhan luka

Sirkulasi yang buruk disebabkan oleh kerusakan mikrovaskular adalah alasan utama pada luka, terutama di bagian tubuh, cenderung membutuhkan waktu lama untuk sembuh pada mereka yang menderita diabetes. Ditambah, jaringan yang sarat gula sangat ideal untuk pertumbuhan mikroba, itulah sebabnya luka ini sering bernanah dan menjadi gangren.

8. Diabetes memengaruhi kesehatan kulit

Pada tahun-tahun awal setelah diagnosis, penderita diabetes sering mengeluh mengalami kekeringan kulit dan pengembangan bercak gelap (acanthosis nigrans). Namun selama bertahun-tahun, mereka menjadi sangat rentan menderita bisul, gondok, dan kaki atlet (infeksi jamur).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi