Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kalori tentu sudah menjadi salah satu hal penting dalam pengaturan berat badan, ya? Tidak heran, sebagian besar orang yang melakukan diet sangat memperhitungkan kebutuhan kalorinya. Kira-kira bagaimana sih cara mengatur kalori agar bisa mengontrol berat badan?

Begini Cara Atur Kalori untuk Kontrol Berat Badan

Pengaturan kalori yang tepat akan sangat mendukung berat badan dapat terkontrol. Hal ini bisa diterapkan untuk tiga hal yaitu mempertahankan berat badan, menurunkan berat badan, atau menaikkan berat badan.

Sebelum mengatur kalori, penting untuk kita memastikan berapa indeks massa tubuh kita. Hal ini akan memberikan acuan bagaimana harus mengontrol asupan kalori tubuh kita, apakah harus menurunkan, meningkatkan, atau mempertahankan asupan kalori.

Kalori agar berat badan turun

Menurunkan berat badan memang seakan menjadi imipian banyak orang. Pengaturan kalori untuk menurunkan berat badan yang dianjurkan oleh pakar kesehatan Maryann Tomovich, adalah dengan mengurangi 500 kkal dari asupan makanan harian. Pada awal penerapan sebaiknya asupan makanan dikurangi secara bertahap. Bisa dimulai dengan mengurangi 100-200 kkal dalam satu minggu. Jika sudah terbiasa maka tingkatkan hingga mengurangi 500 kkal.

Kalori agar berat badan naik

Meningkatkan berat badan juga tidak mudah, lho. Sama dengan prinsip penurunan berat badan, hasil yang dilakukan juga sebaiknya bertahap. Kalori bisa ditingkatkan perlahan dengan menambah 50-100 kkal dalam satu hari. Jangan lupa perhatikan pula batasan berapa indeks massa tubuh normal agar penambahan berat badan tidak berlebihan, ya!

Kalori untuk mempertahankan berat badan

Jika nilai indeks massa tubuh sudah normal, maka pantau berapa kebutuhan kalori harian Anda. Hal ini penting agar asupan kalori sesuai dengan kebutuhan. Secara umum, wanita dewasa dengan aktivitas fisik sedang membutuhkan 2000 kkal dalam satu hari, sedangkan pria dewasa dengan aktivitas sedang memerlukan 2400-2600 kkal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi