Terbit: 6 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang langsung panik tatkala menemukan benjolan pada tubuhnya karena menganggapnya sebagai gejala dari kanker. Padahal, menurut pakar kesehatan, tidak semua benjolan adalah tanda dari penyakit kanker. Berikut adalah ciri benjolan yang mengarah kanker dan yang tidak menurut Prof Dr. dr. Soehartati Gondhowiardjo, Sp.Rad (K) Onk.Rad, Ketua Komite Penanggulangan Kanker Nasional.

Begini Beda Benjolan Kanker dan yang Bukan Kanker

Jika benjolannya jinak, penampakan selnya biasanya bagus, bulat, serta ada pagarnya. Jika benjolan ini sepertinya ganas dan mengarah ke kanker, dinding sel-nya biasanya tidak rata dan menyusup di atas sel yang masih normal.

Selain itu, benjolan yang dianggap sebagai tanda dari kanker biasanya juga menyebar ke pembuluh darah, limfa, serta organ-organ tubuh lainnya. Sayangnya, tidak semua orang bisa membedakan benjolan ini dengan pasti. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak ragu untuk memeriksakan kondisi kesehatan ke dokter jika menemukan adanya benjolan yang mencurigakan.

Dengan mengetahui apakah benjolan ini jinak atau tanda dari kanker, maka kita bisa mengambil keputusan yang tepat untuk mengatasinya. Jika benjolan ini jinak, maka hal ini bisa dengan mudah diangkat dan kemudian sembuh. Jika ternyata benjolan ini ganas dan mengarah ke kanker, maka kita bisa menjalani berbagai pengobatan yang diperlukan untuk mengatasinya.

Mendeteksi dengan dini penyakit kanker sangatlah penting untuk dilakukan agar kita bisa mencegah kanker berkembang menjadi stadium lanjut yang mematikan. Sebagai informasi, penyakit ini adalah yang paling mematikan di dunia karena membunuh 2 orang setiap 3 detik. Selain itu, penyakit ini juga tidak mengenal usia dan jenis kelamin sehingga harus benar-benar diwaspadai.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi