Suka Begadang Demi Piala Dunia? Jangan Kebanyakan Ngemil

menonton_sepakbola_televisi_doktersehat_2
Photo Source: Flickr/bensutherland

DokterSehat.Com– Ajang Piala Dunia 2018 semakin seru karena telah memasuki babak perempat final. Banyak orang yang tidak ingin tertinggal keseruan dari ajang sepak bola paling bergengsi sejagat raya ini sehingga memilih untuk sering begadang. Yang menjadi masalah, sering begadang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya begadang, kita juga cenderung melakukan hal lain yang bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan saat menonton pertandingan Piala Dunia, yakni mengonsumsi camilan yang seringkali tidak sehat karena kaya akan garam, gula, minyak, atau bahkan bahan kimia. Selain itu, kita juga sering mengonsumsi kopi atau minuman berenergi agar tidak mudah lelah dan mengantuk. Kombinasi dari berbagai hal ini bisa membuat kita mengalami penurunan kondisi kesehatan.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malamnya. Jika memang ada pertandingan sepak bola di tengah malam, ada baiknya kita tidur dulu atau memastikan bahwa kita mendapatkan tidur yang cukup setelah menontonnya sehingga tidak akan mudah mengantuk.

Beberapa jenis camilan yang sebaiknya kita hindari saat menonton pertandingan Piala Dunia adalah camilan yang manis-manis, atau camilan yang kaya akan kandungan gula dan garam seperti keripik berbumbu. Ada baiknya kita mengonsumsi camilan sehat seperti kacang-kacangan atau kuaci. Meskipun begitu, kita juga sebaiknya tidak mengonsumsinya dengan berlebihan agar tidak mudah mengalami kenaikan berat badan.

Jika kita sampai mengonsumsi makanan yang kaya gula, garam, atau minyak, maka kita pun akan lebih berisiko terkena masalah tekanan darah tinggi, apalagi dengan ditambah fakta bahwa begadang juga bisa memicu masalah pada tekanan darah.