Jangan Suka Begadang, Bisa Bikin Meningitis Lho!

DokterSehat.Com– Sobat Sehat penah mendengar penyakit meningitis, belum? Penyakit ini adalah peradangan pada selaput otak yang bernama meningen. Masalahnya adalah penyakit ini bisa menyebabkan kematian bagi pengidapnya. Beruntung, pakar kesehatan menyebut kita bisa mencegah penyakit ini dengan melakukan gaya hidup sehat. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan tidak pernah begadang dan tidur cukup setiap malam.

Mengenal Meningitis

Pakar kesehatan menyebut peradangan pada selaput otak meningen ini bisa terjadi karena terpapar kuman, virus, atau bakteri. Infeksi yang terjadi pada bagian ini ternyata bisa membuat sebagian otak kehilangan fungsinya, termasuk diantaranya adalah kesadaran. Bahkan, banyak penderita meningitis yang sampai terkena pusing yang sangat berat sehingga tidak bisa melakukan aktivitas apapun.

Banyak penderita meningitis yang awalnya merasakan gejala seperti ngelantur. Hanya saja, karena tidak benar-benar ditangani dengan baik, gejala ini kemudian semakin memburuk dan akhirnya menjadi semakin parah, mengalami penurunan kesadaran, dan akhirnya terkena kematian.

Penyebab utama meningitis

Pakar kesehatan menyebut meningitis seringkali disebabkan oleh kurang istirahat. Banyak sekali orang yang menyepelekan hal ini. Padahal, jika kita kurang istirahat, daya tahan tubuh akan menurun dan akhirnya berpengaruh pada jumlah sel darah putih.

Sayangnya, karena kurang tidur, produksi sel darah putih semakin menurun dan hal ini membuat tubuh lebih mudah terpapar pathogen. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyebut sering begadang bisa membahayakan kesehatan, termasuk bagi mereka yang bekerja di malam hari.

Mencegah Meningitis

Selain tidak begadang dan memastikan diri untuk mendapatkan waktu tidur yang cukup, pakar kesehatan menyarankan kita untuk melakukan berbagai hal lainnya demi mencegah datangnya meningitis.

Berikut adalah beberapa cara yang perlu kita lakukan.

  1. Menghindari asap rokok

Pakar kesehatan menyebut rokok sebagai salah satu penyebab dari datangnya berbagai macam penyakit. Hal ini disebabkan oleh kemampuan rokok dalam menurunkan sistem kekebalan tubuh dengan mudah. Tak hanya berhenti merokok, kita juga sebaiknya sebisa mungkin tidak menjadi perokok pasif.

  1. Rajin mencuci tangan hingga bersih

Meski terlihat sepele, dalam realitanya mencuci tangan hingga bersih dengan memakai sabun bisa membantu mencegah datangnya berbagai macam penyakit, termasuk mencegah kedatangan virus atau bakteri yang bisa saja menyebabkan peradangan pada selaput otak.

  1. Tidak sembarangan berbagi barang pribadi dengan orang lain

Jangan sembarangan berbagi barang pribadi dengan orang lain seperti handuk atau celana dalam demi mencegah penularan berbagai macam penyakit.

  1. Mengonsumsi makanan sehat

Sering mengonsumsi makanan sehat seperti makanan berserat, makanan yang dipasteurisasi, hingga makanan tinggi serat dan bakteri baik seperti yoghurt juga bisa membantu mencegah datangnya penyakit ini.

Vaksin meningitis

Selain melakukan berbagai hal tersebut, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk mendapatkan vaksin demi mencegah datangnya meningitis.

Berikut adalah beberapa vaksin yang bisa didapatkan.

  1. Vaksin pneumococcal

Vaksin ini bisa mencegah dampak buruk dari bakteri pneumococcal.

  1. Vaksin hep.b

Vaksin ini bisa mencegah dampak buruk dari bakteri haemophilus influenzae tipe B yang dikenal sebagai penyebab meningitis.

  1. Vaksin Hib/Men C

Vaksin ini bisa mencegah dampak buruk dari bakteri meningococcal grup C yang juga bisa menyebabkan meningitis.

  1. Vaksin MMR

Tak hanya mencegah campak dan rubella, vaksin ini juga bisa mencegah meningitis.

  1. Vaksin ACWY

Vaksin ini bisa mencegah dampak buruk dari bakteri meningococcal berjenis A, C, W, dan Y.

  1. Vaksin meningitis B

Vaksin ini juga bisa mencegah datangnya penyakit meningitis.