Terbit: 9 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menganggap junk food dan fast food atau makanan cepat saji sebagai makanan yang sama. Ternyata, keduanya memiliki perbedaan, lho!

Apa Sih Bedanya Junk Food dengan Fast Food?

Hal yang menarik:

Jika junk food memang makanan yang tidak sehat, fast food justru ada yang bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Pakar kesehatan gizi dr. Jansen Ongko menyebutkan bahwa junk food memang memiliki rasa yang enak meskipun miskin nutrisi. Masalahnya, jika kita kerap mengonsumsinya, maka kita akan mengonsumsi kandungan kalori, lemak, gula, kolesterol, dan kandungan tidak sehat lainnya yang bisa memicu dampak buruk bagi kesehatan.

Sementara itu, kita tidak bisa menganggap semua makanan cepat saji sama dengan junk food. Sebagai contoh, jika kita memesan potongan buah segar atau salad di restoran cepat saji, maka kita tentu akan mendapatkan makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh, bukan? Padahal, mengolah buah segar atau salad sangat mudah dan cepat untuk dilakukan.

Meskipun begitu, kita juga tidak bisa serta merta menganggap fast food sebagai makanan yang jauh lebh sehat dari junk food. Faktanya, sangat banyak fast food yang diolah dengan tidak sehat atau memiliki kandungan yang berbahaya. Asanya alasan ini tentu membuat kita lebih teliti dalam membeli makanan di luar rumah.

Pakar kesehatan lebih menyarankan kita untuk mengonsumsi makanan rumahan yang jauh lebih sehat, terutama yang memiliki kadar gizi yang seimbang setiap hari. Jika rutin melakukannya, maka tubuh tidak akan mudah terserang penyakit dan berat badan bisa tetap ideal.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi