Cara Membedakan Anemia dengan Tekanan Darah Rendah

mudah-lelah-dan-mengantuk-doktersehat

DokterSehat.Com– Masih banyak orang yang menganggap anemia sama dengan masalah tekanan darah rendah. Memang, dalam realitanya gejala dari kedua masalah kesehatan ini cukup mirip. Hanya saja, menurut pakar kesehatan, ada cara yang bisa kita lakukan untuk membedakan anemia dengan tekanan darah rendah.

Satu hal yang pasti, anggapan bahwa penderita tekanan darah rendah pasti akan mengalami anemia tidak benar secara medis. Logikanya, tekanan darah rendah adalah kondisi yang menunjukkan tekanan pada sirkulasi darah di dalam tubuh. Sementara itu, anemia justru menandakan jumlah butir darah merah di dalam tubuh. Proses pengukuran keduanya juga berbeda, hipotensi diukur dengan tensi meter dan kondisi anemia ditentukan setelah proses pengukuran dengan Hb meter.

Jika kita mengalami masalah anemia atau kekurangan sel darah merah, maka proses penyebaran oksigen ke seluruh tubuh akan terhambat. Hal ini disebabkan oleh fungsi utama dari sel darah merah yang memang membawa oksigen ke berbagai organ dan jaringan tubuh. Gejala dari anemia bisa berupa rasa lelah, muka yang terlihat pucat, jantung yang berdetak tidak karuan, nyeri dada dan sesak napas, kepala yang terasa pening, tangan yang terasa dingin, hingga gangguan kognitif.

Sementara itu, jika kita mengalami hipotensi atau tekanan darah rendah, maka hal ini ditandakan dengan hasil pengukuran tekanan darah yang menunjukkan angka lebih rendah dari 90/60 mmHg. Normalnya, tekanan darah dalam tubuh biasanya adalah sekitar 120/80 mmHg. Gejala dari masalah tekanan darah rendah ini adalah tubuh yang sangat lemas hingga seperti ingin pingsan, pandangan kabur, sesak napas, mual-mual, dan sulit untuk berkonsentrasi.

Memang, gejala dari kedua masalah kesehatan ini cenderung sama, namun biasanya efek yang dirasakan tubuh akan jauh lebih terasa jika kita mengalami tekanan darah rendah. Sebagai contoh, penderita hipotensi bisa saja mengalami pingsan, kerusakan jantung, hingga gangguan endokrin. Sementara itu, penderita anemia biasanya akan mengalami komplikasi berupa tubuh yang kelelahan dan stres berat.

Menurut pakar kesehatan, ciri utama yang bisa kita gunakan untuk membedakan antara anemia dan hipotensi adalah kondisi bagian bawah mata. Jika terlihat pucat, besar kemungkinan hal ini disebabkan oleh anemia.