DokterSehat.Com– Banyak perubahan yang terjadi di badan ibu selama hamil. Selain perut yang membesar, salah satu yang sering dirasakan oleh ibu hamil adalah adanya perubahan di kulit selama hamil. Apa saja perubahan tersebut?

doktersehat-kehamilan-hamil

1. Stretch mark
Stretch mark adalah salah satu perubahan di kulit yang paling sering dialami oleh para ibu hamil. Stretch mark adalah guratan warna merah yang muncul di bagian badan seperti perut, payudara, lengan atas, paha, atau pantat. Hal ini terjadi karena saat hamil kulit dapat meregang lebih lebar dan lebih cepat dari biasanya. Perbedaan kadar protein yang tidak seinang juga dapat membuat kulit menjadi lebih tipis. Usai melahirkan, stretch mark akan berubah menjadi warna putih keperakan.

2. Jerawat
Perubahan hormon saat hamil dapat memicu produksi kelenjar minyak menjadi lebih banyak dari biasanya sehingga hal ini menyebabkan munculnya jerawat. Untuk menghindari jerawat, rajin bersihkan wajah Anda secara rutin dengan sabun yang lembut dan air hangat, serta jangan lupa untuk membersihkan riasan sebelum tidur.

3. Warna kulit menghitam di beberapa bagian
jika Anda perhatikan, beberapa bagian tubuh Anda seperti leher, kening, pipi atau atas bibir berubah menjadi lebih gelap saat hamil. Hal ini dikarenakan meningkatnya pigmentasi kulit atau yang disebut dengan chloasma. Beberapa belang ini akan menghilang setelah melahirkan, namun ada juga para ibu yang memiliki belang yang menetap.

4.Munculnya linea nigra
Linea nigra adalah garis vertikal gelap yang membelah perut dan biasanya melintasi pusar. Linea nigra biasanya muncul pada trimester kedua dan akan hilang setelah melahirkan.

5. Pembuluh darah di wajah terlihat jelas
Jika Anda amati, saat hamil kadang pembuluh darah kapiler di wajah akan terlihat lebih jelas dari biasanya. Hal ini dikarenakan banyaknya darah yang beredar pada tubuh memberikan tekanan pada pembuluh kapiler yang menjadi lebih sensitif saat kehamilan.

Berbagai perubahan kulit tersebut sebenarnya tidak berbahaya dan akan hilang beberapa minggu setelah persalinan. Namun jika perubahan tersebut membuat Anda terganggu dan tidak percaya diri, Anda dapat mengurangi keluhan tersebut dengan menggunakan krim atau konsultasikan dengan dokter kepercayaan Anda.