Inilah Penyebab Kenapa Pantat Sering Gatal

Doktersehat-pantat-gatal

DokterSehat.Com – Rasa gatal pada tubuh adalah sesuatu yang normal. Saat rasa gatal muncul setiap orang pasti ingin segera menggaruknya. Akan tetapi, bagaimana jika rasa gatal itu muncul di pantat?

Tidak seperti bagian tubuh yang lain, gatal di pantat sering kali membuat seseorang dilema. Saat pantat gatal, tidak serta merta seseorang langsung berani untuk menggaruknya.

Di satu sisi, Anda tentu akan merasa malu untuk menggaruk pantat karena akan terasa kurang sopan. Padahal, pantat gatal ini sangat ingin untuk digaruk. Masalah lain yang juga banyak orang tidak menyadari adalah kenapa pantat gatal sering terjadi?

baca juga: Ini Bahayanya Jika Ortu Sering Memukul Pantat Anak

Berikut adalah beberapa penyebab pantat gatal, di antaranya:

  • Jamur

Masalah jamur adalah masalah yang paling umum menyebabkan gatal-gatal pada kulit di sekujur tubuh, termasuk pada area pantat. Area pantat sendiri cenderung lebih lembap jika dibandingkan dengan area kaki atau tangan. Hal ini dikarenakan area ini hampir selalu tertutup celana baik itu celana panjang maupun pendek.

Pantat gatal ini umumnya terjadi di daerah lipatan. Jamur ini juga bisa membuat kulit kemerahan. Selain jamur, pantat juga bisa mengalami masalah folikulitis di mana akar rambut yang ada di area pantat mengalami peradangan karena banyaknya infeksi dan sel kulit mati yang bertumpuk.

Area lain selain pantat yang bisa terkena dampak adalah area paha belakang. Dalam beberapa kasus ada juga yang bisa menyebabkan jerawat.

  • Eksim

Kadang kala rasa gatal yang disebabkan eksim disertai masalah kulit bersisik dan juga bintil-bintil kemerahan. Hal ini dikarenakan pantat mengalami masalah eksim di mana kondisi pantat yang panas dan penuh keringat akan menyebabkan gatal dan merah-merah pada kulit.

Selain itu, meskipun jarang terjadi, pantat gatal juga bisa menimbulkan herpes yang tentu saja akan sangat menyiksa karena gatal-gatal bisa disertai dengan rasa perih.

  • Kudis

Penyebab penyakit menular ini adalah tungau Sarcoptes scabiei. Tungau-tungau tersebut akan menggali liang menyerupai terowongan untuk bersarang di bawah lapisan kulit luar (epidermis) dan bisa menyebabkan pantat gatal. Rasa gatal ini biasanya muncul pada malam hari saat suhu tubuh lebih hangat.

  • Infeksi menular seksual

Infeksi menular seksual bisa menyebabkan pantat gatal. Penyakit ini umumnya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Penyebaran bisa melalui darah, sperma, cairan vagina, atau pun cairan tubuh lainnya

Pada akhirnya, guna memastikan penyebab pantat gatal dengan pasti harus dilakukan pemeriksaan secara langsung. Segera periksakan ke dokter kulit apabila keluhan terus berlanjut.

Pada umumnya, dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan menganjurkan tes penunjang jika diperlukan untuk memastikan diagnosis sehingga penanganan yang tepat dapat diberikan sesuai dengan penyebab dasarnya.

Cara Mencegah Pantat Gatal

Setelah Anda mengetahui kenapa pantat sering gatal, Anda juga harus tahu bagaimana menangani pantat gatal. Umumnya, masalah gatal-gatal ini disebabkan oleh kondisi panas dan lembap pada pantat.

Pemakaian celana yang cenderung ketat dan tebal bisa menjadi penyebab kondisi ini. Saat di rumah, jangan ragu untuk segera melepas celana panjang dan menggantinya dengan celana yang jauh lebih longgar dan nyaman sehingga area pantat pun cenderung lebih bisa bernapas sehingga jamur, bakteri, dan berbagai masalah lain bisa dihindari.

baca juga: Terjawab, Alasan Mengapa Ada Rambut di Pantat Kita

Berikut adalah beberapa hal sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghindari terjadinya pantat gatal, antara lain:

  • Mandi secara teratur 2 kali sehari.
  • Kenakan pakaian dalam dan pakaian yang berbahan katun dan tidak ketat
  • Ganti handuk dan seprai secara rutin.
  • Hindari menggaruk area kulit yang gatal untuk mencegah terjadi luka.
  • Jangan gunakan barang pribadi (pakaian, handuk, selimut) bersama dengan orang lain.