Beberapa Kesalahan Dalam Penggunaan Test Pack

doktesehat-tes-kehamilan-test-pack

DokterSehat.Com– Untuk Anda pasangan baru yang sedang berencana memiliki anak, perlu menyediakan test pack di rumah sebelum melakukan pemeriksaan ke dokter. Test pack atau test kit sebenarnya adalah alat cukup akurat untuk memeriksa kehamilan. Namun banyak pasangan yang tidak tahu bagaimana cara penggunaan test pack yang tepat sehingga merasa hasil pemeriksaan dari test pack rancu.

Test pack bekerja dengan mendeteksi hormon human chorionic gonadotropin (hCG), hormon yang dikeluarkan plasenta saat hamil. Test pack dapat mendeteksi kehamilan dengan keakuratan hingga 99%, walaupun test pack juga bisa menunjukkan hasil negatif palsu (hasil negatif namun terjadi kehamilan) atau positif palsu (hasil positif namun tidak terjadi kehamilan).

Selain itu banyak juga ditemui kesalahan penggunaan test pack sehingga hasil yang ditunjukkan tidak akurat. Beberapa kesalahan umum tersebut antara lain:

1. Melakukan tes terlalu dini
Test pack akan menunjukkan hasil positif jika hormon hCG dalam urin wanita mencapai tingkat tertentu. Karena itu beri tubuh Anda waktu agar hormon tersebut terbentuk. Lakukan tes kehamilan dengan test pack pada waktu seminggu setelah pembuahan agar hormon hCG dalam tubuh Anda cukup untuk melakukan tes. Jika Anda melakukan tes lebih cepat dari seminggu, maka hasil tes mungkn akan keliru.

2. Tidak melakukan tes di pagi hari
Pagi hari adalah waktu terbaik unuk menjalankan tes karena urin di pagi hari memiliki konsentrasi yang paling pekat dan mengandung hCG lebih tinggi dari waktu lainnya. Konsentrasi urin dapat berubah sepanjang waktu tergantung dari apa yang Anda konsumsi. Saat urin Anda cair, hormon hCG lebih sulit terbaca sehingga hasil yang Anda dapatkan akan bias.

3. Tidak mengulang tes ketika hasil pemeriksaan negatif
Ketika hasil pemeriksaan dengan test pack menunjukkan tanda negatif, biasanya Anda segera menyimpulkan bahwa Anda tidak sedang hamil. Namun jika diikuti dengan tidak menstruasi ketika beberapa minggu kemudian, bisa saja Anda sedang hamil namun saat tes hormon hCG dalam urin tidak terbaca oleh alat. Karena itu Anda perlu mengulang lagi tes menggunakan test pack secara benar beberapa kali untuk mendapatkan hasil sesungguhnya.

4. Terlalu cepat membaca hasil tes
Setiap test pack disertai instruksi berapa lama waktu menunggu hingga hasilnya benar-benar muncul. Tunggulah selama waktu yang diinstruksikan untuk menunggualat bekerja dengan baik. Saat urin sedang berjalan dalam test pack, jendela indikator mungkin akan menunjukkan dua garis yang sama atau tanda plus. Untuk memastikannya, tunggulah hingga batas waktu yang ditentukan karena setiap produk memiliki batas waktu yang berbeda-beda.

Jika masih ragu dengan hasil test pack di rumah, Anda bisa memeriksakan diri ke dokter untuk memastikan ada atau tidaknya kehamilan. Pemeriksaan yang biasanya dilakukan adalah dengan melakukan USG, tes urine, dan tes darah.