Terbit: 3 Juni 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bayi prematur membutuhkan perawatan ekstra dibanding dengan bayi yang lahir cukup bulan. Selain menjaga kesehatan bayi, salah satu yang perlu diperhatikan adalah kecukupan tidur bayi prematur. Apa saja yang perlu diketahui tentang pola tidur bayi prematur?

Tips Membuat Bayi Prematur Tidur Nyenyak

Tips membuat bayi prematur tidur nyenyak

1. Bayi prematur butuh lebih banyak tidur

Bayi prematur membutuhkan waktu tidur lebih banyak dibanding bayi yang lahir cukup bulan. Bayi prematur butuh cukup tidur untuk membantu perkembangan otaknya.

Terkadang bayi prematur mungkin akan tidur lebih sering dan dalam waktu yang lebih pendek. Umumnya hal ini akan terjadi hingga bayi berusia 2 bulan hingga pola tidur bayi prematur menjadi normal.

2. Bayi prematur akan lebih sering menyusu saat malam

Dibandingkan dengan bayi yang lahir cukup bulan, bayi prematur akan lebih sering terbangun di tengah malam untuk menyusu. Hal ini penting untuk memastikan bayi tidak mengalami dehidrasi dan tercukupi kebutuhan gizinya. Sedangkan di pagi atau siang hari, para pakar menyarankan untuk menyusui bayi prematur setiap 3 jam sekali.

3. Bayi prematur sebaiknya tidur telentang

Pada bayi prematur, ada beberapa posisi tidur yang berisiko. Salah satunya adalah posisi tidur tengkurap. Sistem pernapasan bayi prematur terkadang belum berkembang sempurna sehingga berisiko jika bayi tidur tengkurap.

Pastikan bayi tidur telentang dan tidak tengkurap sehingga tidak mengganggu pernapasannya. Hindari bantal, selimut atau boneka di sekitar tempat tidur bayi agar terhindar dari risiko kematian bayi.

4. Bayi prematur sebaikya tidur dekat orang tua

Salah satu perawatan bayi prematur yang disarankan adalah tidur bersama orang tua. Namun sebaiknya bayi ditempatkan di boks bayi atau tempat tidur khusus bayi yang berada tidak jauh dari tempat tidur orang tua.

Tujuannya adalah untuk memudahkan merawat bayi jika muncul gejala-gejala serius atau bayi butuh sesuatu. Selain itu menempatkan bayi berdekatan dengan ibu juga memudahkan ibu untuk menyusui bayi setiap malam.

5. Lakukan perawatan mama kangguru

Perawatan mama kangguru merupakan perawatan bayi prematur yang banyak direkomendasikan. Caranya adalah dengan menggendong bayi masuk ke dalam baju atau menggunakan gendongan khusus agar kulit ibu bersentuhan langsung dengan kulit bayi. Perawatan ini dapat memberi kehangatan pada bayi, membantu mengatur detak jantung dan pernapasan bayi dan membantunya untuk tidur lebih nyenyak.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi