Terbit: 23 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Bagi ibu bekerja, memberikan ASI perah pada bayi merupakan salah satu solusi agar bayi bisa tetap mendapatkan ASI dari ibu ketika ibu sibuk bekerja. Lalu bagaimana jika bayi di rumah tidak mau minum dari botol dot?

Bayi Menolak Minum dari Botol Dot, Bagaimana Solusinya?

Alasan bayi menolak minum dari botol dot

Salah satu permasalahan yang dialami ibu bekerja adalah menghadapi bayi yang tidak mau minum ASI dari botol dot. Ada beberapa hal yang menyebabkan bayi enggan minum ASI dari botol, salah satunya adalah karena perbedaan aliran susu antara menyusu langsung dari payudara ibu dan dari botol dot.

Selain itu, perkembangan bayi yang semakin besar juga membuat bayi bisa memilih apa yang ia sukai dan mana yang tidak. Ia juga memiliki kontrol lebih baik akan badannya sehingga mungkin saja ia menolak minum dari botol karena memang tidak menyuakainya. Bayi yang berusia lebih besar pun sudah kehilangan daya refleks mengisap sehingga kadang ia tidak tahu apa yang harus dilakukan ketika diberi ASI dalam botol.

Tips mengatasi bayi yang menolak minum dari botol

Bagi para ibu, tidak perlu bersedih jika anak Anda menolak minum dari botol dot. Ada beberapa tips yang bisa Anda coba untuk melatih si kecil mau minum dari dot, seperti dilansir dari laman Belly Belly, yaitu:

1. Coba posisi yang berbeda
Ada banyak alasan mengapa anak Anda menolak minum dari botol. Bisa jadi ia tidak nyaman dengan posisi saat minum dari botol. Untuk mengetahuinya, Anda bisa mencoba beberapa posisi yang berbeda agar bayi mau menyusu,

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

2. Ganti dot
Beda dot, beda juga aliran yang masuk ke mulut bayi dan beda juga sensasi menghisap yang dirasakan bayi. Coba berikan beberapa jenis dot pada bayi untuk mengetahui dot mana yang disukai bayi. Kelemahan dari cara ini, Anda mungkin perlu membeli banyak jenis dot dan berakhir dengan hasil nihil.

3. Berikan saat anak Anda mengantuk
Jika anak Anda terus menolak minum dari botol, maka Anda bisa mencoba memberikan dot saat ia mengantuk atau lapar. Biasanya bayi yang mengantuk tidak akan menolak minum dari botol. Jika bayi sudah mulai terbiasa dengan dot, Anda perlu menghindari bayi minum dot hingga tertidur. Kebiasaan ini dapat menyebabkan anak mengalami kerusakan gigi.

4. Ganti dengan cup feeder atau sendok
Jika bayi Anda benar-benar tidak mau minum botol dan dot, mungkin Anda perlu mencoba alternatif lain seperti cup feeder, cangkir atau minum dari sendok.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi