Bayi Ini Memiliki Dua Wajah

bayi_dua_wajah_doktersehat_1
Photo Source: Batam Times

DokterSehat.Com– Bayi bernama Gilang Andika yang dilahirkan pada 7 Mei 2018 lalu memiliki dua wajah dan otak yang terpisah meskipun hanya memiliki satu tubuh. Bayi milik pasangan Mustafa dan Erlinasari ini dilahirkan melalui prosedur operasi caesar di Batam, Kepulauan Riau.

Dilansir dari Batam Times, Gilang harus dilahirkan dengan operasi caesar karena dokter menemukan ada yang aneh saat pemeriksaan USG tatkala Erlinasari masih dalam kondisi hamil. Saat itu, dokter mendapati ukuran lingkar kepala sang bayi terlihat sangat besar. Selain itu, posisi Gilang saat berada di dalam kandungan juga melintang sehingga sepertinya cukup berisiko jika dipaksakan untuk melahirkan dengan normal.

Sayangnya, setelah dilahirkan, dokter tidak segera memberitahukan kondisi dua wajah yang dimiliki oleh buah hatinya. Dokter saat itu bingung dan memilih untuk mengungkapkan hal ini kepada Mustafa saja, tidak langsung ke istrinya. Alhasil, seminggu kemudian, Erliansari terkejut tatkala tahu bahwa anaknya memiliki dua wajah.

Setelah sempat dirawat di Rumah Sakit Camatha Sahidya, gilang pun diperbolehkan untuk pulang. Sayangnya, karena ada luka di bagian belakang kepala sang bayi, ia kembali dibawa ke Rumah Sakit Awal Bros untuk mendapatkan penanganan kesehatan yang lebih baik.

Dokter yang mengecek kondisi kesehatan sang bayi menyebut kondisi Gilang sangat sehat. Organ-organ vitalnya seperti jantung, paru-paru, hingga saluran pencernaan berfungsi dengan baik. Hanya saja, selain memiliki dua wajah dan dua otak, terdapat cairan pada bagian belakang kepalanya yang sebaiknya segera dioperasi.

Sayangnya, Gilang kesulitan untuk mendapatkan ASI dari ibunya dan harus memakai selang untuk minum susu. Berat badan Gilang juga kini semakin kurus sehingga diharapkan segera mendapatkan bantuan medis untuk menangani kondisi kesehatannya.