Bayi Dengan Sindrom Putri Duyung Terlahir di India

sindrom-putri-duyung-doktersehat
Photo Credit: DailyMail

DokterSehat.Com– Seorang bayi mungil yang berasal dari India terlahir dengan kondisi sirenomelia atau sindrom putri duyung. Sebagaimana nama kondisinya, bayi ini memiliki kaki yang tergabung layaknya tokoh putri duyung di dunia maya. Sayangnya, bayi ini hanya mampu bertahan empat jam saja sebelum meninggal dunia.

Photo Credit: DailyMail

Sang ibu, Muskura Bibi, terkejut bukan main tatkala staf medis dari salah satu rumah sakit di Kolkata yang membantu persalinannya menyebutkan bahwa bayinya sangat mirip dengan putri duyung. Kondisi ini bahkan membuat tim medis tidak mampu mengidentifikasi jenis kelamin dari sang bayi. Dr. Sudip Saha menyebutkan bahwa meskipun sebelumnya Ia belum pernah melihat bayi dengan kondisi sirenomelia seperti ini, sebenarnya, sudah ada empat kasus lain yang muncul di seluruh dunia.

Bayi dengan kondisi ini memiliki bentuk tubuh bagian atas yang normal sebagaimana bayi pada umumnya. Namun, keanehan mulai muncul sejak bagian pinggang ke bawah dimana tubuhnya belum benar-benar berkembang sepenuhnya dan kaki bayi menyatu. Sang ibu ternyata tidak pernah melakukan USG saat hamil sehingga tidak sempat mendeteksinya sejak dini. Tak hanya itu, besar kemungkinan masalah ini disebabkan oleh kurang gizi atau kondisi ibu yang sedang mengalami penyakit serius saat hamil.

Terdapat sebuah penelitian yang menyebutkan bahwa sindrom putri duyung ini diduga disebabkan oleh sirkulasi darah pada rahim yang tidak berjalan dengan baik sehingga memicu gangguan perkembangan bayi di dalam kandungan. Sayangnya, sebab pasti dari sindrom ini juga belum benar-benar bisa dipastikan mengingat minimnya kasus bayi dengan kondisi ini.

Sebuah kasus unik tentang bayi yang terlahir dengan sindrom putri duyung terjadi di Clearwater, Florida, Amerika Serikat. Tiffany Yorks yang terlahir dengan kondisi ini berhasil bertahan hidup selama 27 tahun sebelum akhirnya meninggal dunia. Saat masih bayi, dokter berhasil melakukan operasi yang memisahkan kedua kakinya.