Bayam Dilarang Dimakan Penderita Asam Urat?

diet-bayam-doktersehat
photo credit : pixabay.com

DokterSehat.Com– Pengidap asam urat akan sangat menderita tatkala penyakit ini kambuh. Tak hanya membuat persendian terasa nyeri, dalam beberapa kasus persendian juga membengkak parah dan sulit untuk digerakkan. Karena tidak ingin mengalami gejala ini, banyak orang yang tidak mau sembarangan mengonsumsi makanan yang bisa memicu kekambuhan asam urat.

Yang menjadi masalah adalah, ada banyak sekali jenis makanan yang kaya akan purin, kandungan yang bisa memicu kekambuhan asam urat. Sebagai contoh, daging-dagingan, jeroan, dan makanan laut kaya akan kandungan ini. Karena alasan inilah ada baiknya penderita asam urat memang sebaiknya menghindari asupan makanan-makanan tersebut.

Hanya saja, terdapat beberapa jenis sayuran yang juga dianggap kaya akan kandungan purin. Salah satunya adalah bayam. Meskipun dikenal luas sebagai sayuran yang menyehatkan, pakar kesehatan menyebutkan bahwa bayam memang sebaiknya dihindari oleh penderita asam urat.

Dilansir dari CNN, bayam kaya akan kandungan zat besi, lutein, vitamin C, flavonoid, dan beta karoten. Sayangnya, berdasarkan tabel makanan Acu Medico, di dalam 100 gram bayam terdapat setidaknya 57 gram purin sehingga sebaiknya tidak sering-sering dikonsumsi. Memang, kandungan purin di dalam bayam tidak akan memberikan efek merusak dengan parah sebagaimana purin yang ada dalam daging-dagingan atau jeroan, namun ada baiknya memang kita tidak mengonsumsinya dengan berlebihan.

Sayuran lain yang sebaiknya dihindari adalah kembang kol. Tabel makanan Acu Medico menyebut kandungan purin di dalam 100 gram kembang kol mencapai 51 gram. Selain itu, penderita asam urat juga sebaiknya tidak sering-sering mengonsumsi jamur demi mencegah kekambuhan penyakit ini.